learn-chess-beginner

Aplikasi untuk Belajar Catur

Karena Duta (8 tahun) sangat suka catur sementara kami belum ingin memasukkan Duta ke klub catur, kami mencari jalan tengah untuk memprasaranai minatnya belajar catur.

Akhirnya, kami berburu aplikasi catur dan program belajar catur secara online. Dari proses itu, akhirnya kami memilih 3 aplikasi yang digunakan Duta untuk belajar catur.

Aplikasi LearningChess
learn-chess-beginner

Kami memilih aplikasi Learning Chess untuk Duta karena proses belajarnya bertahap. Ada level Beginner, Intermediate, dan Advanced. Aplikasi LearningChess ini berbayar, harganya $15 per level.

Karena ingin memberikan pondasi yang bagus untuk Duta, kami membeli aplikasi level Beginner. Setiap hari Duta belajar catur bertahap. Belajar catur menjadi salah satu kegiatan belajar yang dilakukan Duta setiap hari.

Ada 36 step pembelajaran di level Beginner ini. Duta mengulang-ulang prose belajar ini hingga akhirnya menyelesaikan semua dengan nilai 100% sebagai tanda dia bisa mengerjakan quiz di setiap akhir pelajaran.

Aplikasi Chess Tactics for Beginner

chess-tactics

Supaya Duta tidak bosan dengan satu aplikasi, kami memilih aplikasi Chess Tactics for Beginner untuk melengkapi kegiatan Duta belajar catur. Dalam aplikasi ini ada latihan-latihan praktis untuk pemula, misalnya: Mate in 1, Winning Material, Draw, Mate in 2, dan Sacrice Material.

Aplikasi ini bermanfaat untuk mengasah logika catur Duta.

Aplikasi ChessFree

Aplikasi ChessFree dimanfaatkan Duta untuk belajar bertanding melawan komputer. Ada beberapa level yang bisa dimainkan. Saat ini Duta biasa bertanding melawan komputer di level 4.

***

Sampai saat ini Duta masih berlatih menggunakan aplikasi. Kalau minatnya konsisten, kami mempertimbangkan suatu saat Duta akan bergabung di klub catur atau mengikuti kursus catur di Jakarta.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.