iBook-2

Revolusi Textbook dari Apple: iBooks 2 dan iBooks Author

Bertempat di Guggenheim Museum, New York, kemarin (19/01/2012) Apple baru saja meluncurkan iBooks 2 dan iBooks Author. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Apple untuk melakukan revolusi dunia pendidikan dengan memanfaatkan gadget iPhone dan terutama iPad.

Menarik untuk melihat bagaimana inisiatif Apple akan bergulir. Apakah inisiatif ini cukup revolusioner dan bisa mentransformasi industri pendidikan, sebagaimana yang pernah terjadi pada industri musik dan software/game?

Menurut laporan yang aku baca di All Things D, Giga Om,  dan beberapa situs lainnya, ada beberapa poin dari pengumuman Apple tentang pendidikan ini:

 

1. Mendefinisikan ulang buku pelajaran dengan  iBooks 2
Dunia pendidikan saat ini memang sangat menggantungkan prosesnya pada buku pelajaran yang berbentuk fisik buku. Apple berambisi menggantikan buku pelajaran yang mewakili dunia lama itu dengan buku digital yang portabel, awet, interaktif, searchable, dan bisa diupdate

Dengan demikian, anak-anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan.

Gagasannya tidak baru sama sekali. Proses evolusi buku digital ini sudah berjalan cukup lama. Tetapi detil implementasi yang ditawarkan Apple dengan memanfaatkan iPad beserta ekosistemnya ini yang menarik.

Digital textbook ini dinamakan iBooks 2. Dia memiliki kemampuan multitouch, video, navigasi dengan thumbnails, dan sebagainya. Ada quiz dan pertanyaan yang ada di buku sehingga siswa bisa mendapatkan feedback secara langsung, membuat highlight, membuat catatan dan mengubahnya menjadi study cards.

2. Merevolusi cara membuat ebook dengan iBook Author for Mac
Untuk membuat textbook dengan standar iBooks 2, Apple meluncurkan aplikasi yang dinamakan iBook Author. Aplikasi inilah yang sempat diisukan dengan nama “Garageband for books” karena kemudahan cara pemakaiannya sebagaimana Garage Band.

Aplkiasi iBook Author memanfaatkan aliran kerja (workflow) yang ada di iWork, menggunakan model drag-and-drop untuk menyatukan teks, gambar, foto, dan video. Juga mengintegrasikannya dengan Keynote.

Yang menarik, aplikasi iBook Author ini free alias gratis dan bisa diunduh di Mac App Store.

Untuk proyek ini, Apple mengawalinya dengan berkerjasama Pearson, McGraw-Hill dan Houghton Mifflin Harcourt, serta DK Publishing. Sebagaimana kebiasaan Apple untuk menetapkan harga patokan, untuk textbook ini Apple menetapkan kisaran harga maksimal $14.99.

3. Aplikasi Pendidikan Terintegrasi dalam  iTunes U
iTunes U adalah aplikasi untuk iPad, iPhone, dan iPod yang ditujukan untuk dunia pendidikan. Melalui iTunes U versi baru, siswa bisa mengunduh lebih dari 20 ribu aplikasi pendidikan dan ratusan ribu buku di iBookstore yang bisa digunakan di sekolah.

iTunes U dirancang untuk membantu guru membuat kursus online secara lengkap, bukan hanya membuat vide saja. Kursus yg ditawarkan akan muncul seperti di rak buku, di dalamnya ada silabus, catatan, materi belajar, tugas, dan sebagainya.

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.