fbpx
Buku referensi homeschooling

Buku Referensi Memulai Homeschooling

Bagaimana memulai belajar tentang homeschooling? Buku-buku apa saja yang dapat dibaca sebagai referensi tentang homeschooling? Bagaimana cara memulai homeschooling?

Proses Belajar tentang Homeschooling

Bagi orangtua yang berminat untuk menjajagi homeschooling, penting sekali untuk mempelajari tentang homeschooling karena banyak miskonsepsi dan salah persepsi tentang homeschooling yang beredar di masyarakat.

Salah satu kesalahpahaman/miskonsepsi tentang homeschooling adalah menganggap homeschooling sebagai sebuah lembaga seperti sekolah. Orangtua mendaftar dan membayar di lembaga homeschooling, kemudian anak belajar di lembaga tersebut.

Padahal homeschooling bukan seperti itu. Homeschooling adalah model pendidikan berbasis keluarga. Homeschooling bukan menitipkan anak ke sebuah lembaga. Tanggung jawab dan proses utama dalam homeschooling ada di tangan orangtua. Untuk pendaftaran, anak homeschooling mendaftar di PKBM untuk mengikuti Ujian Paket.

Selain itu, ada salah persepsi tentang homeschooling yang menganggap homeschooling seperti sekolah. Padahal, homeschooling bukan sekedar memindahkan sekolah ke rumah. Memindahkan sekolah ke rumah adalah hal yang sangat sulit karena kondisi rumah berbeda dengan sekolah, komunikasi orangtua-anak berbeda dengan guru-murid.

Oleh karena itu, penting bagi orangtua yang akan menjalani homeschooling untuk belajar dulu tentang homeschooling.

Cara Belajar tentang Homeschooling

Ada beberapa cara belajar tentang homeschooling. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan Anda.

a. Membaca artikel tentang homeschooling di Internet

Internet menyediakan ruang belajar yang luar biasa. Anda bisa melakukan Googling untuk membaca aneka artikel tentang homeschooling dari berbagai perspektif, baik pro-kontra, konsep, maupun praktek homeschooling yang dijalani keluarga.

Secara khusus, Rumah Inspirasi telah menyediakan kumpulan artikel tentang homeschooling untuk pemula yang dapat Anda baca gratis:

b. Membaca buku referensi tentang homeschooling

Cari dan bacalah buku-buku tentang homeschooling, baik yang diterbitkan penulis lokal Indonesia maupun penulis luar. Dengan banyak membaca, Anda akan mendapatkan banyak perspektif.

c. Mengikuti Pelatihan tentang Homeschooling

Ikutilah pelatihan-pelatihan tentang homeschooling, baik yang bersifat seminar tatap muka maupun webinar (seminar online). Secara periodik, Rumah Inspirasi mengadakan Webinar Menimbang dan Memulai Homeschooling. Webinar dengan tema ini biasanya diadakan setahun sekali. Silakan tinggalkan komentar di posting ini untuk mendapatkan informasi jadwal webinar terdekat.

d. Bertemu dengan praktisi homeschooling

Temuilah praktisi homeschooling supaya Anda bisa mendapatkan informasi tentang praktek nyata homeschooling. Jangan hanya datang dan bertemu satu keluarga homeschooling saja, tetapi bertemulah dengan beberapa keluarga yang berbeda sehingga pemahaman Anda tentang praktek homeschooling semakin kaya. Saat bertemu praktisi homeschooling, pastikan Anda sudah membaca dan belajar dulu, tidak datang dengan kepala kosong.

Buku referensi homeschooling

Buku Referensi tentang Homeschooling

Berikut ini daftar buku-buku referensi tentang homeschooling karya Rumah Inspirasi. Ada 3 buku tentang homeschooling yang tersedia:

~ 55 Prinsip & Gagasan Homeschooling.

Buku “55 Prinsip & Gagasan Homeschooling” ditulis oleh Aar Sumardiono, praktisi homeschooling dan founder Rumah Inspirasi. Buku ini berisi saripati pengetahuan homeschooling, tentang mindset penting memulai homeschooling karena homeschooling bukan sekedar memindahkan sekolah ke rumah.

~ Aku Belajar, Tapi Gak Sekolah

Buku “Aku Belajar, Tapi Gak Sekolah” adalah antologi tulisan beberapa remaja homeschooling tentang pengalaman memulai HS, tantangan yang dihadapi, serta pengalaman keseharian mereka. Ini adalah ungkapan jujur dan apa adanya dari anak-anak yang menjalani homeschooling dari perspektif pengalaman mereka sendiri.

~ Pembelajar Mandiri

Buku “Pembelajar Mandiri” ditulis oleh Yudhistira GS. Buku ini berisi pengalaman belajar anak homeschooling yang tidak pernah bersekolah hingga diterima kuliah di FE UI. Yudhis bercerita tentang cara belajarnya, apa saja yang dia pelajari, serta pengalaman keberhasilan dan kegagalannya selama homeschooling.

Buku referensi homeschooling ini bisa diperoleh di:

Shopee: https://shopee.co.id/rumahinspirasi

 

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bentangilmu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

belajar homeschooling

Pengantar
Legalitas
Sosialisasi
Kurikulum
Sumber Belajar
Komunitas
Kunci Berhasil
Keseharian

Buku Homeschooling

Sekolah ada model pendidikan yang paling umum di masyarakat, tapi bukan satu-satunya.

Buku ini sangat penting untuk orangtua yang sedang menimbang homeschooling, pendidik & pemerhati pendidikan, serta masyarakat yang ingin mengetahui konsep homeschooling dengan jelas.

artikel terbaru

tulisan lain