project-tata

Tata Belajar Mandiri Mendisain Blog

Kejutan dibuat Tata bulan ini. Tanpa kami ketahui, dia mengikuti Workshop Online Membuat Blog yang diselenggarakan oleh Digital Mommie.

Pada awalnya, yang kami tahu dia menemani Eyang Putrinya yang ikut workshop. Tapi ternyata Tata belajar membuat sendiri blognya. Dia bahkan mendahului Eyang Putrinya yang sibuk dengan berbagai kegiatan.

***

project-tata

Kegiatan yang dilakukan Tata adalah membuat blog lho, bukan sekedar mengisi blog. Blog baru ini berbeda dari blog lamanya. Blog lama Tata adalah Dunia Tata, sementara blog barunya adalah Project Tata.

Project Tata dibuat sepenuhnya oleh Tata tanpa campur tangan sedikit pun dari kami. Tata belajar mulai dari nol, membuat blog di Blogger, mengganti background, header, lengkap dengan pernak-pernik yang lain seperti integrasi media sosial, membuat chatbox, dan termasuk mengganti kursor mouse dengan bentuk yang lucu.

Tata belajar dengan cara mengikuti video tutorial Digital Mommie. Setiap hari Tata menunggu datangnya email dan video tutorial untuk proses belajarnya.

***

Inisiatif Tata membuat blog sendiri dengan cara mengikuti tutorial Digital Mommie ini agak mengejutkan kami. Tapi kejutannya membahagiakan.

Kami tak mengira Tata (8 tahun) bisa mengikuti video tutorial yang ditujukan untuk orang dewasa dan menyelesaikan tugas step-by-step dengan lengkap. Berarti, anak-anak digital natives ini memang memiliki kemampuan beradaptasi dengan teknologi digital yang luar biasa.

Apa yang dilakukan Tata itu memicu semangat kami untuk segera menyelesaikan program Digital Mommie yang memang ditujukan untuk anak-anak. Tema besarnya adalah “Digital Literacy”, pendidikan untuk menyiapkan anak-anak agar melek Internet dan terampil memanfaatkan teknologi digital, baik untuk ekspresi diri, proses kreatif, maupun untuk berkarya.

Mudah-mudahan minggu depan program Digital Mommie untuk anak-anak ini sudah bisa diluncurkan.

 

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Tata Belajar Mandiri Mendisain Blog”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.