paket-izza-2

Paket hadiah dari Izza

Cerita ini terjadi 3 hari yang lalu. Saat kami sedang sibuk beberes membersihkan gudang dan kamar depan.

Tiba-tiba ada satu kiriman paket datang. Bukan hanya terkejut, kami merasa aneh karena paket itu ditujukan untuk Yudhis. Ternyata paket itu berisi buku dan isinya memang ditujukan untuk Yudhis.

Waw… kami semua benar-benar terkejut. Tak menyangka. Isi paket itu 2 buku keren. Yang pertama adalah buku “Great Inventions that Shaped the World“. Yang kedua adalah buku “300 Science and History Projects“.

Juga, ada sepucuk surat mengharukan yang mengiringi paket 2 buku itu. “”Thank you Yudhis for teaching me. I like to learn how to build things very much!!” -nurul izza-

Nurul Izza adalah salah seorang teman online Yudhis. Dia salah satu peserta yang mengikuti kelas saat Yudhis mengajar building di Second Life.

***

Begitu menerima buku itu, Yudhis dan Tata dengan bahagia langsung membaca dan mengeksplorasi buku itu. Sementara kami melanjutkan pekerjaan membereskan gudang dan kamar.

Sore hari, aku mengobrol dengan Yudhis.

“Bagaimana perasaanmu menerima kiriman buku, Dhis?”
“Wah.. seneng banget, pak,” kata Yudhis.

“Kamu tahu buku itu dikirim oleh siapa?”
“Tahu. Dari Izza.”

“Mengapa dia mengirimi kamu buku?”
“Karena dia senang bisa belajar di Second Life sama aku.”

“Kamu pernah nggak menyangka akan mendapatkan hadiah buku semacam ini ketika kamu mengajar di Second Life?”
“Nggak.”

“Itulah yang disebut berkah Tuhan. Ketika kita bersungguh-sungguh berbuat kebaikan untuk orang lain dan ikhlas melakukannya. Kemudian, Tuhan mengetukkan cinta dari orang-orang yang merasakan manfaat dari apa yang kita lakukan.”

***

It’s just a small talk. Mungkin tak sampai 5 menit. Tapi, kami menganggap percakapan-percakapan kecil semacam ini sangat penting. Kami senang mencari momentum untuk membuat percakapan-percakapan bermakna semacam ini bersama anak-anak.

Bagi kami, inilah salah satu sentral dalam homeschooling yang kami jalani. Bagi kami, yang penting itu bukan tentang penguasaan mata pelajaran, bukan tentang raport dan nilai, bukan tentang ijazah dan kelulusan. Tetapi, pondasi dari semua itu adalah tentang pendidikan karakter dan sikap hidup yang benar untuk menjalani kehidupan.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

13 thoughts on “Paket hadiah dari Izza”

  1. Subhanallah…thanks banget inspirasinya pak aar….semakin banyak saya membaca artikel di sini semakin saya menemukan makna belajar yang sesungguhnya…salam buat yudhis yaa….

  2. subhanallah ..kita banyak belajar dari anak2 dan peristiwa yang dialami..terimakasih telah banyak menginspirasi kami dengan sering mengikuti blog ini..salam dan selamat buat yudhis

    1. Sama-sama mbak Iis. Senang kalau yang dibagi bermanfaat. Semoga kita semua juga bisa saling belajar dan menginspirasi. Amin. πŸ™‚

  3. Apa yg Yudhis dan Mbak Lala ajarkan ke Izza bener2 menginspirasi Izza untuk belajar dan berbagi ilmu. Terimakasih Yudhis dan keluarga yang telah banyak menginspirasi kami 😎 😎 😎

    1. Sama-sama mbak Novi. Semoga semangat saling berbagi dan menginspirasi bisa menjadi bagian diri kita dan menyebar ke mana-mana πŸ™‚

  4. makasih p aar. banyak sekali ilmu yang saya dapat dari web ini. selamat ya yudhis, bahagia punya tim kaya keluarga p aar. πŸ™‚

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.