Yudhis & Modo Modi

Laporan Sea Games

Yudhis & Modo Modi

Setelah tertunda beberapa waktu, akhirnya Yudhis berhasil menyelesaikan laporan tentang Sea Games.

Ini merupakan pengalaman baru bagi Yudhis. Biasanya dia membuat lapbook dan melakukan presentasi untuk materi-materi yang sedang menjadi perhatiannya. Namun kini dia membuat presentasi menggunakan Microsoft Office yang kemudian di print PDF dan diunggah ke ISSUU.

Untuk mengerjakan laporan ini, Yudhis mengalami banyak bantuan foto-foto dari mbak Mimi yang tinggal di Palembang. Caranya unik, Yudhis menerima foto-foto tersebut via BB dan kemudian mengirimkan dari BB ke alamat emailnya.

Proses belajar menggunakan BB ini juga menarik karena Yudhis sebelumnya belum pernah memakai BB.  Ternyata, proses belajarnya diperoleh dari  pengalaman mencoba-coba BB milikku dengan guru seorang temanku yang tinggal nun jauh di pulau seberang.

Mbak Mimi bahkan mengirimkan Yudhis boneka maskot Sea Games -Modi-Modo-. Hal ini semakin mendekatkan Yudhis pada Sea Games.

Dengan mengerjakan laporan Sea Games ini, Yudhis semakin paham tentang negara-negara Asia Tenggara, jenis olah raga yang ada di Sea Games, sejarahnya dll.

Tadi malam, waktu Yudhis bilang “Bu, aku sudah siap. Periksa dong kerjaanku.”  lalu aku melihatnya…. waaaah… terharu. Terharu melihat ketekunannya dalam mengerjakan laporan ini. Terharu melihat Yudhis yang semakin menjadi pembelajar mandiri.

Untuk membuat laporan Sea Games ini, dia betul-betul melakukannya sendiri; mulai menentukan format, daftar isi, layout, serta browsing dan menulis materinya.  Aku hanya sedikit memberi masukan dari sisi desain, sementara mas Aar memberi masukan untuk sisi logika penulisan. Tapi semuanya tetap hasil karya Yudhis.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

11 thoughts on “Laporan Sea Games”

  1. bagus sekali… selamat ya buat yudhis. saya kebetulan tinggal di palembang. bersama2 kami mengikuti perkembangan sea games baik langsung maupun tidak. tapi sungguh tidak terpikir oleh kami untuk membuat dokumentasinya secara baik seperti yudhis. terima kasih yah, mudah2 ini jadi pembelajaran ide bagi anak2 saya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.