fbpx

Menyiapkan Portofolio Karya Anak

Salah satu yang dibutuhkan seseorang untuk masuk ke dalam dunia profesi adalah memiliki kapasitas atau kemampuan yang sesuai dengan industri yang dimasuki.

Karena banyak orang yang ingin masuk ke dalam sebuah profesi, dibutuhkan sebuah mekanisme yang praktis untuk mengetahui kapasitas/keahlian seseorang.

Itulah sebabnya adalah ijazah yang menunjukkan kelulusan dan bukti telah menyelesaikan satu set materi pendidikan. Karena ijazah biasanya bersifat umum, kemudian ada kebutuhan yang lebih spesifik berupa serfifikasi keahlian.

Di luar ijazah dan sertifikat keahlian, ada satu hal lagi yang sering menjadi syarat masuk ke dunia profesi, yaitu portofolio karya. Bahkan, dalam banyak kondisi portofolio sering menjadi faktor yang sangat penting melebihi ijazah dan sertifikat.

Sebagai contoh, dalam dunia profesi fotografer, memang ada sekolah tinggi tentang fotografi dan sertifikat keahlian fotografi. Tetapi pada kenyataannya di lapangan, yang sering diminta oleh klien adalah portofolio karya.

Portofolio karya anak

Apa itu Portofolio Karya?

Portofolio adalah dokumentasi karya nyata yang menunjukkan keterampilan/keahlian dalam sebuah sebuah bidang tertentu. Sebagai contoh portfolio adalah foto hasil fotografi, gambar/lukisan, karya animasi, karya video, dokumentasi tari, piagam penghargaan olahraga, dan lain-lain.

Berbeda dari ijazah yang diberikan setelah menyelesaikan jenjang pendidikan tertentu, portofolio bersifat spefisik berkaitan dengan keterampilan menghasilkan output/karya atau melakukan tugas tertentu.

Mengapa portofolio karya sangat penting?

Ada beberapa hal yang membuat portofolio karya dipentingkan dalam dunia profesional:

a. Portofolio adalah bukti nyata keterampilan/keahlian
Portofolio adalah buah dari keterampilan/kehalian tertentu. Bukti itu bukan hanya pengetahuan yang bersifat kognitif, tetapi karya nyata.

b. Portofolio menunjukkan tingkat kualitas karya
Portofolio karya menunjukkan standar kualitas produk/output yang dihasilkan. Dari portofolio yang disajikan bisa dilihat sejauh mana kualitas keterampilan/hasil seseorang.

c. Portofolio menunjukkan keunikan
Portofolio merupakan bukti karya individu yang memancarkan kapasitas dan keunikan karya. Dengan mengetahui keunikan karya, orang yang ingin berkolaborasi bisa menilai apakah karya tersebut sesuai dengan kriterianya atau tidak.

d. Portofolio adalah prestasi yang berdampak
Portofolio berisi karya yang dirasakan bermanfaat bagi orang lain, bagi komunitas, atau bagi klien. Portofolio bisa juga berisi prestasi yang telah diraih dalam suatu bidang, misalnya memenangkan sebuah kejuaraan, mengikuti pameran karya, atau prestasi lain yang bisa ditunjukkan melalui bukti nyata.

 

(Next: Tips orangtua untuk membangun portofolio anak)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

belajar homeschooling

Pengantar
Legalitas
Sosialisasi
Kurikulum
Sumber Belajar
Komunitas
Kunci Berhasil
Keseharian

Buku Homeschooling

Sekolah ada model pendidikan yang paling umum di masyarakat, tapi bukan satu-satunya.

Buku ini sangat penting untuk orangtua yang sedang menimbang homeschooling, pendidik & pemerhati pendidikan, serta masyarakat yang ingin mengetahui konsep homeschooling dengan jelas.

artikel terbaru

tulisan lain