fbpx

Seminar Homeschooling: Membangun Portofolio Karya

Minggu, 23 Juni 2019, saya mengisi acara seminar tentang homeschooling di Semarang. Tema acaranya sebenarnya umum, yaitu Tantangan: Keluarga, Pendidikan, Perubahan Zaman. Yang menjadi pembicara adalah ibu Sri Wahyaningsih (founder SALAM, Yogyakarta) dan saya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh komunitas Yuk Belajar Semarang.

Pendidikan: Adaptabilitas dan Kejernihan

Menyikapi perubahan yang sangat cepat yang sedang terjadi saat ini, anak-anak kita memiliki tantangan yang sangat serius. Mereka tak cukup lagi untuk belajar dengan cara yang sama dengan era sebelumnya. Mereka perlu memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar mereka.

Meminjam pesan Alvin Toffler, yang disebut buta huruf abad 21 bukanlah orang yang tidak bisa membaca-menulis, tetapi tidak memiliki tidak kemampuan learn (belajar), unlearn (menanggalkan pengetahuan usang), dan relearn (belajar ulang hal baru).

Selain itu, serbuan informasi yang massif membuat anak-anak sekarang sangat mudah terdistraksi. Mereka ingin selalu mengecek media sosial, mereka selalu ingin melihat layar.

ho

 

Membangun Portofolio Karya

Diantara banyak bahasan tentang pendidikan kontekstual yang menjadi spirt dalam pembahasan tentang menyikapi perubahan, saya juga membahaskan tentang portofolio anak.

Portofolio semakin menempati posisi penting dalam pendidikan anak karena portofolio merupakan bukti nyata keterampilan dan keahlian yang dimiliki anak. Portfolio menunjukkan output yang bisa dihasilkan anak.

Salah satu cara merangkum portofolio adalah dengan membuat CV (curriculum vitae) yang dibuat sejak anak remaja. Jadi, untuk membuat CV anak-anak kita tak perlu menunggu lulus, tetapi bisa dimulai sejak remaja dengan cara memasukkan informasi tentang proses belajar utama dan karya penting yang sudah mereka hasilkan.

Sebagai studi kasus, saya membahaskan tentang Curriculum Vitae Yudhistira, yang mulai membuat CV sejak kelas 3 SMP. Pada awalnya, CV itu dibuat untuk alat mendaftar kegiatan magang di sebuah startup teknologi. Berkat CV pertama itu, Yudhis memiliki modal awal dan secara periodik mulai melengkapi CV sesuai perkembangan proses belajar dan karyanya.

Portofolio dan CV Yudhistira GS selengkapnya bisa dilihat di: http://duniayudhis.com/curriculum-vitae/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

belajar homeschooling

Pengantar
Legalitas
Sosialisasi
Kurikulum
Sumber Belajar
Komunitas
Kunci Berhasil
Keseharian

Buku Homeschooling

Sekolah ada model pendidikan yang paling umum di masyarakat, tapi bukan satu-satunya.

Buku ini sangat penting untuk orangtua yang sedang menimbang homeschooling, pendidik & pemerhati pendidikan, serta masyarakat yang ingin mengetahui konsep homeschooling dengan jelas.

artikel terbaru

tulisan lain