Karen Armstrong

Mempraktekkan hukum utama

Karen Armstrong

Ada sebuah presentasi yang sangat menarik dari Karen Armstrong di TED Conference. Karen Armstrong adalah seorang ahli sejarah agama yang telah menuliskan banyak buku inspiratif, seperti History of God (Sejarah Tuhan), Great Transformation, Perang Suci, Muhammad, Buddha, Through the Narrow Gate, dll. Aku suka membaca karya-karyanya yang jernih dan empatik.

Dalam presentasinya di TED, Karen Armstrong berbicara tentang pentingnya bagi kita semua untuk menyebarkan golden rule, sebuah ajaran yang ada di semua agama, yaitu “Perlakukan orang sebagaimana engkau ingin diperlakukan”.

Pesan itu kelihatannya sederhana. Tetapi, aku setuju bahwa pesan yang sederhana ini memiliki kekuatan luar biasa. Seperti yang dikatakan Paulo Coelho,”The simple things are also the most extraordinary, but only the wise can see them”.

Di tengah banyaknya konflik antara berbagai kelompok, di tengah banyaknya keinginan untuk menuntut orang lain melakukan sesuatu, pesan ini adalah sebuah pintu bagi kita untuk berefleksi. Mari kita memfokuskan hati, pikiran dan tindakan kita pada kemampuan kita melakukan hal-hal baik kepada orang lain. Mari memperlakukan orang lain dengan adil, kendatipun kita tidak suka atau menganggap orang itu sebagai musuh.

Video ini ada subtitle dalam bahasa Indonesia-nya. Ada juga transkrip pidatonya yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Linknya ada di SINI:

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.