Liputan Homeschooling di TV Trans 7

Liputan Homeschooling di TV Trans 7

Liputan Homeschooling di TV Trans 7
Liputan Homeschooling di TV Trans 7

Beberapa waktu yang lalu, ada wartawan dari stasiun TV Trans 7 menghubungi kami untuk membuat liputan tentang homeschooling yang dijalani keluarga kami.

Menurut rencana awal, hasil liputan tentang homeschooling ini akan ditayangkan pada Hari Pendidikan Nasional (2 Mei 2012). Rencana itu ternyata berubah. Tayangan tentang homeschooling baru diputar satu minggu kemudian, dalam Berita Siang Trans 7 hari Rabu, 9 Mei 2012.

Berikut ini hasil rekamannya yang diperoleh dari streaming saluran TV Online Mivo. Pada bagian depan rekaman ini terpotong beberapa detik karena kami tak mengira bahwa tayangan tentang homeschooling ini masuk sebagai berita pertama dan langsung ditayangkan (biasanya tayangan feature semacam ini ada di bagian akhir berita).

Sedikit koreksi tentang narasi yang ada dalam tayangan ini, keluarga kami menggunakan sistem menu dalam proses belajar, bukan menggunakan jadwal seperti sekolah. Ada beberapa materi belajar yang “wajib” alias cukup sering dilakukan anak-anak, seperti Matematika & Bahasa Inggris, tetapi waktu belajarnya sangat fleksibel, bukan 2 jam. Koreksi yang lain, Lala memang berlatar belakang pendidikan Teknik Arsitektur UI, tetapi Lala tidak menyelesaikannya hingga akhir program.

Semoga tayangan ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi keluarga. Amin.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

1 thought on “Liputan Homeschooling di TV Trans 7”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.