webinar-plan570

Rencana Webinar Homeschooling 2014 – September

Untuk membantu teman-teman yang ingin belajar tentang homeschooling, beberapa tahun terakhir ini kami mengadakan webinar homeschooling. Biasanya setahun sekali walaupun terkadang setahun dua kali karena banyak yang bertanya dan meminta.

Tahun 2014 ini, Webinar Homeschooling sudah diadakan pada bulan MaretApril. Kami merencanakan webinar berikutnya akan diadakan tahun 2015 yang akan datang. Tapi, ternyata banyak yang minta untuk diadakan webinar homeschooling lagi. Inbox dengan pertanyaan yang sejenis datang berulang. Bahkan, beberapa orang ingin datang untuk bertanya dan berdiskusi tentang homeschooling.

Sebenarnya kami sudah sediakan ebook homeschooling dan podcast homeschooling yang bisa dinikmati gratis. Posting tentang homeschooling yang sudah kami tuliskan di Rumah Inspirasi juga sudah banyak sekali. Tapi kelihatannya itu belum mencukupi.

***

Webinar Homeschooling (lagi)

Oke… Setelah menimbang, kami memutuskan untuk mengadakan lagi webinar homeschooling. Terlalu repot untuk menjawab pertanyaan satu-persatu. Untuk menerima tamu-tamu yang mau konsultasi homeschooling, terus terang kami tak sanggup. Kami ini hanya keluarga biasa yang membutuhkan ruang privat untuk beraktivitas. Kalau tamu terus berdatangan, rasanya sangat tidak praktis.

Jadi, format yang sanggup kami selenggarakan adalah webinar.

Mengapa formatnya webinar dan bukan seminar fisik?

  • Seminar fisik membutuhkan persiapan yang banyak, mulai mencari tempat, akomodasi, pembicara, dsb. Webinar (seminar online) membutuhkan effort yang relatif bisa kami lakukan.
  • Seminar fisik hanya bisa didatangi keluarga yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Dengan webinar, seluruh kegiatan bisa diikuti oleh peserta dari manapun (baik di Indonesia maupun luar negeri) sepanjang terhubung dengan koneksi Internet yang memadai.
  • Seminar fisik memiliki waktu lebih terbatas dan biaya yang lebih mahal. Webinar membuat kita bisa melakukan pembahasan aneka tema dengan jangka waktu lebih lama (8 pertemuan, seminggu sekali selama 2 bulan). Tentunya, biaya webinar jauh lebih ekonomis dibandingkan biaya seminar fisik. Apalagi bagi keluarga yang tinggal di luar kota (tak ada biaya transportasi dan webinar bisa diikuti bersama keluarga & teman).

Tapi, tentu saja ada kekurangan webinar dibandingkan seminar fisik, misalnya kualitas interaksi peserta. Juga, kekurangannya adalah ketergantungan pada kualitas koneksi Internet. Kalau koneksi bagus, webinar lancar, tapi kalau kualitas koneksi buruk maka webinar menjadi kurang nyaman.

Untuk mengatasi kekurang itu, nanti kita akan ada kopdar (kopi darat) pertemuan setelah sesi webinar selesai untuk silaturahmi ngobrol-ngobrol. Nah, karena peserta sudah dibekali ilmu selama webinar, mudah-mudahan obrolannya menjadi lebih fokus.

Sedangkan untuk menangani masalah kualitas koneksi Internet, setiap webinar akan ada rekamannya. Jadi, bagi yang koneksinya sedang buruk atau sedang tidak bisa hadir saat webinar; materi rekamannya bisa diunduh sehari setelah webinar berlangsung.

***

webinar-plan570

So, bagaimana teman-teman?

Informasi tentatif webinar rencananya akan dilaksanakan 8 sesi selama September-Oktober. Saya sedang menyusun kerangka materinya. Mudah-mudahan dalam minggu ini sudah ada pengumuman resmi sehingga teman-teman bisa mendaftar.

Tunggu ya…

 

UPDATE Webinar

Pendaftaran Webinar Homeschooling September-Oktober 2014 sudah dibuka. Informasi selengkapnya di: https://rumahinspirasi.com/webinar-homeschooling-rumah-inspirasi/

Tulisan menarik lainnya

Share this post

4 thoughts on “Rencana Webinar Homeschooling 2014 – September”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.