KempingCeria03a

Kemping Ceria bersama Pramuka Komunitas

Akhir Februari 2018, adik-adik pramuka Penggalang OASE yang terdiri anak-anak homeschooling mengikuti kegiatan Kemping Ceria yang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Selatan.

Pramuka OASE adalah pramuka komunitas, yang berbasis masyarakat, tidak berbasis sekolah.

**

Pramuka Komunitas

“Spirit Pramuka itu seharusnya aktivitas informal,” kata kak Farli, pengurus kwartir gerakan pramuka yang menjadi tempat Klub Oase berkonsultasi mengenai kegiatan pramuka. “Pramuka itu kegiatannya menyenangkan dan disukai anak-anak.”

Pernyataan kak Farli itu menjadi harapan yang menyegarkan bagi kami yang menyukai pramuka, tetapi agak segan berurusan dengan aneka formalitas bentuk & administrasi.

Sebagai sekumpulan praktisi homeschooling yang merasa membutuhkan kegiatan pramuka untuk anak-anak, kami memang membutuhkan panduan.

Dan ternyata, sebenarnya ada ruang yang cukup luas di pramuka. Peluang dan ruang ini belum banyak dikenal di masyarakat.

Pramuka bukan hanya berbasis sekolah, tapi sangat bisa dilakukan melalui komunitas-komunitas yang ada di masyarakat.

**

Kemah Pramuka Komunitas

Akhir Februari lalu, kami menikmati salah satu buah dari Pramuka Komunitas dengan mengikuti Kemping Ceria yang diselenggarakan di Loji Nenek, Bogor.

Adik-adik Penggalang Oase yang semuanya anak homeschooling menikmati kesempatan mengikuti Kemping Ceria, sebuah acara kemah untuk pramuka komunitas.

Kemping Ceria diselenggarakan di Bumi Perkemahan Loji Nenek, Bogor, 23-25 Februari 2018.

***

Yuk teman-teman bikin pramuka komunitas!

Menurut pengalaman kami prosesnya tidak sulit. Jangan terlalu terkungkung dengan struktur dan legalitas administrasi. Yang penting diawali dengan kegiatan pramuka yang menyenangkan dan disukai oleh anak-anak. Sampai sekarang pramuka OASE pun belum menjadi Gugus Depan karena buat kami yang penting adalah substansi kegiatan pramuka yang dinikmati dan bermanfaat untuk anak-anak.

Seiring perjalanan, untuk proses pengembangan Pramuka Komunitas bisa berkonsultasi tentang kegiatan pramuka komunitas bersama pengurus Kwartir Cabang di mana kita berada.

Mudah-mudahan pramuka komunitas benar-benar bisa berkembang di masyarakat. Semoga pengurus Kwartir Gerakan Pramuka bersedia mengisiasi aneka kegiatan-kegiatan pramuka berbasis masyarakat.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.