CommunityService-03a

Belajar Melayani

Pendidikan yang utama adalah tanggung jawab orangtua, khususnya dalam hal menumbuhkan nilai-nilai kebaikan pada anak-anak.

Salah satu nilai-nilai yang kami tumbuhkan dalam keluarga adalah melayani. Dimulai dengan saling melayani antar anggota keluarga melalui aktivitas sehari-hari. Semua anggota keluarga berbagi peran dan berkontribusi untuk membuat keseharian berjalan baik.

Mengapa perlu berbagi peran? Karena seluruh anggota keluarga adalah satu tim. Tak ada seorang pun yang menjadi tuan yang terus-menerus dilayani kebutuhannya. Semua anggota keluarga saling mendukung dan saling melayani.

Melalui proses melayani, kami belajar tentang keikhlasan. Keikhlasan adalah meletakkan hati dan bersungguh-sungguh pada pekerjaan apapun yang dilakukan. Keikhlasan berarti tak ada keengganan dan bersungut-sungut saat berkontribusi. Keikhlasan juga mengajarkan untuk tak mengungkit-ungkit kebaikan yang sudah dilakukan.

Just do it. Kita melakukan karena itu hal baik. Karena itu hal benar. Tak mengharapkan terima kasih.

Melayani Sesama

Tadi malam, anak-anak membantu membuat buku saku Pramuka sampai hampir pukul 23.00 WIB. Prosesnya sudah dimulai saat Yudhis ikut membantu desain buku saku untuk penggalang dan kemudian mencetak covernya ke percetakan.

Hal-hal kecil seperti ini berusaha kami lakukan secara spontan sebagai bagian dari proses belajar melayani orang lain (community service). Seperti halnya kami membuka rumah untuk kegiatan Klub Oase, yang membuat anak-anak terlibat dalam proses persiapan sebelum acara serta merapikan setelah acara.

Dengan melibatkan anak-anak pada kegiatan semacam ini, kami berharap semoga tumbuh empati dan semangat melayani dengan ikhlas dalam diri mereka.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.