Tata-IXL-60-persen

Tata: 60% IXL Math Kelas 3

Kamis, 28 November 2012, Tata berhasil menyelesaikan 60% dari materi belajar matematika yang ada di IXL Math. Pencapaian ini diraih Tata melalui ketekunan belajar matematika dan mengerjakan 2-3 paket soal di IXL Math setiap hari belajar. Sedikit demi sedikit, ternyata proses belajar itu mulai membuahkan hasil.

Dalam sesi sharing tentang homeschooling sewaktu aku pergi ke Malang, ada yang bertanya tentang bagaimana cara kami menggunakan IXL Math dalam proses belajar anak-anak. Ada beberapa hal yang kami lakukan saat memanfaatkan IXL Math untuk proses belajar matematika:

a. Tak ada hasil instan. Ini bukan sulapan. Proses belajar matematika dan latihan soal menggunakan IXL Math membutuhkan ketekunan. Hasilnya tak bisa kelihatan dalam seminggu atau sebulan, tetapi melalui proses terus-menerus yang kontinu.

b.  Proses belajar bahasa Inggris. Saat pertama kali belajar, problem yang sering muncul adalah mengenai penggunaan bahasa Inggris. Untuk mengatasi kendala bahasa, luangkan waktu untuk menemani anak dan ajarkan penggunaan Google Translate yang dibuka di tab baru.

c. Sediakan waktu mendampingi. Apalagi pada masa awal untuk membangun minat anak pada proses belajar ini. Proses ini bisa berlangsung lama. Dalam pengalaman kami, Yudhis dan Tata sudah mulai bisa mandiri tanpa ditemani. Tetapi proses menemani sesekali tetap perlu dilakukan untuk menjaga konsistensi mereka.

d. Pastikan bantuan. Pastikan diri kita tersedia saat mereka membutuhkan bantuan. Ketersediaan bantuan akan menghindarkan anak-anak dari rasa frustasi dan kesulitan saat belajar. Walaupun mungkin kita tak menguasai materi yang sedang dipelajari anak, proses belajar bersama-sama dapat menjaga stamina dan semangat anak-anak.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.