main di kamar mandi

Bermain pesawat di kamar mandi

main di kamar mandiSejak Duta mendapat hadiah mainan pesawat-pesawat kecil yang bisa dimainkan di air dari nenek Kukuh, kegiatan Duta di kamar mandi bertambah. Dia tak lagi hanya bermain dengan selang air dan menyemprotkan air ke tempat-tempat yang dimauinya. Tapi sekarang ada kegiatan bermain pesawat di kamar mandi.

Untuk permainannya, kami menyediakan ember atau mangkuk plastik besar yang selalu siap di kamar mandi. Mainan pesawat Duta itu kami letakkan di pinggir bak mandi.

Kegiatan utama dari permainan ini adalah:

  • Duta menyiapkan mangkuk/ember
  • Duta mengambil mainan dan memasukkannya ke mangkuk/ember
  • Duta mengisi air di dalam mangkuk/ember
  • Duta main pesawatnya
  • setelah acara mandi selesai, Duta membuang air di mangkuk, meletakkan mainan pesawatnya satu persatu di pinggir bak mandi, dan mengembalikan mangkuk/ember ke tempat semula.

Begitulah kegiatan harian Duta saat mandi.

Banyak hal yang dipelajari Duta dari kegiatan yang kelihatannya sederhana ini, antara lain:

  • melatih keseimbangan bergerak dari satu tempat ke tempat lain di kamar mandi
  • terbiasa dengan urutan prosedur kerja (variabel: mangkuk, mainan, air)
  • membangun imajinasi melalui cerita dan kegiatan berkhayal menggunakan mainan
  • mengenal nama benda (pesawat)
  • belajar warna
  • belajar berhitung

**

Bagi kami, pelajarannya adalah: belajar adalah memanfaatkan kegiatan keseharian apapun menjadi sebuah proses tumbuh berkembang. Kita dapat memaknai “hal yang biasa” menjadi “hal yang luar biasa” melalui kegiatan yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan rencana (di kepala).

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.