meningkatkan-produktivitas-blogging

Kelas Pengayaan DigitalMommie: Meningkatkan Produktivitas Blogging

“Jadi bulan depan mau belajar apa lagi niiiih?” tanyaku pada teman-teman Digital Mommie yang hadir dalam Kelas Pengayaan.
“SEO”, “Adsense”, “Mastering Pixlr”, “Bikin gambar-gambar cantik”, “Blog Authority”, “Personal Branding”, dan seterusnya.

**

Senang mendengar antusiasme teman-teman yang datang di Kelas Pengayaan Digital Mommie yang mulai kami aktifkan tahun ini. Rencananya setiap bulan DigitalMommie akan mengadakan kelas pengayaan GRATIS sekaligus kopdar bagi peserta DigitalMommie yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Asyik nih mbak Lala kalau ada seperti ini. Kita kan jadi enak kalau mau tanya-tanya,” kata mbak Anita, salah satu peserta DigitalMommie. “Aku sudah dari tahun 2014 lho ikut DigitalMommie. Dan selalu menunggu-nunggu kopdar seperti ini.”

Materi Kelas Pengayaan Digital Mommie

Sebelum Kelas Pengayaan dimulai, aku mengirimkan survey kecil-kecilan untuk para peserta aktif Digital Mommie tentang tema pengayaan yang ingin mereka pelajari.

materi-januari-2017

Dari hasil pengumpulan suara di awal bulan Januari ini,  tema yang dipilih adalah “Meningkatkan Produktivitas Blogging”. Tema ini memang penting untuk seorang blogger, termasuk buatku, hehehehe…

Diantara tantangan terbesar dari produktivitas dalam menulis blog adalah “mencari waktu”. Rasanya nggak mudah duduk tenang depan komputer untuk menulis. Biasanya yang terjadi ide-ide blogging itu bermunculan JUSTRU ketika lagi nyuci, beres-beres, atau mengerjakan pekerjaan yang jauh dari komputer dan begitu duduk depan komputer trus mendadak lupa mau nulis apa, atau keasyikan browsing sampai kehabisan waktu. Hehehe..

peserta-kelas-pengayaan-digitalmommie-01

***

Materi Meningkatkan Produktivitas Blogging

Materi pengayaan dengan tema “Meningkatkan Produktivitas Blogging” dibawakan oleh mas Aar yang memang keahliannya dalam bidang konten blogging & blog marketing.

Sebelum kelas dimulai, Yudhis sempat menambahkan materi yaitu tentang Browser Vivaldi yang bisa menjadi alternatif browser karena ringan dan ada fasilitas notes serta capturing web yang bisa memudahkan proses penyimpanan (bookmark) alamat web lebih visual.

Mungkin nanti aku akan tulis lebih lengkap lagi tentang keunggulan browser Vivaldi ini dalam posting yang lain. Aku sendiri baru mulai memakai browser tersebut di laptop atas anjuran Yudhis dan memang ternyata lebih enak, lebih sederhana tapi powerful.

meningkatkan-produktivitas-blogging-02

Kelas pengayaan berjalan lancar, terima kasih kepada mas Aar yang sudah berbagi ilmu bloggingnya. Menurut mas Aar tantangan produktivitas itu ada di cara mengatasi gangguan (distraction) dan mengatur prioritas. Mas Aar juga berbagi beberapa alat bantu untuk mendapatkan ide tulisan. Bagi teman-teman yang ingin tahu isi materi slide mas Aar bisa melihatnya di sini.

Sementara kalau buatku, aku sangat terbantu dengan sistem Pomodoro atau membagi pekerjaan dalam potongan waktu dan fokus di tiap potongan waktu itu. Untuk memudahkan prosesnya, aku pasang timer di komputer. Sekarang aku pakai aplikasi Be Focus Pro karena aku bisa melacak data kegiatan dalam bentuk CSV (I know… I know I’m a geek). Sebelumnya aku pakai yang gratis yaitu My Tomatoes, tapi Anda bisa pakai alat apa saja, misalnya timer di HP atau google timer.

Tentang sistem Pomodoro bisa dilihat di sini:

eBook Pomodoro juga bisa diunduh di sini

***

Pelatihan Basic Blogger 2.0

Salah satu hal yang membuatku semangat menyambut tahun 2017 adalah di tahun ini aku bisa kembali berkonsentrasi penuh di DigitalMommie. Akhir 2016 lalu aku mengupgrade pelatihan Basic Bloggerku sehingga para peserta yang mengikutinya bisa membuat blog dengan tampilan profesional yang responsif. Misalnya seperti ini, ini dan ini.

Buatku ini perkembangan yang besar, karena selama ini biasanya untuk mendapatkan tampilan web yang profesional dibutuhkan usaha, kemampuan dan biaya yang besar. Tapi sekarang, bahkan web PelangiNada saja sudah aku buat dengan Blogspot (sengaja favicon blogspot tidak aku copot untuk membuktikan kalau itu aku buat dengan blogspot).

Dengan menggunakan Blogspot berarti biaya pembuatan sebuah web menjadi sangat murah, karena tidak perlu hosting, tidak perlu pusing memikirkan upgrade sistem (seperti yang terjadi saat kita memakai WordPress), hanya perlu sewa domain yang kurang dari Rp. 150.000/tahun.

Murah banget kan? Itu berarti kalau kita punya multi bisnis, kita bisa buatkan setiap bisnis yang kita miliki tanpa perlu biaya yang besar.

***

kelas-pengayaan-digitalmommie-01

Anyway,
Senang rasanya bertemu langsung dengan para peserta yang biasanya hanya kutemui secara online. Bulan depan Kelas Pengayaan Digital Mommie rencananya kalau nggak membahas tentang Search Engine Optimization (SEO), A to Z Pixlr (untuk mengolah gambar dan bikin gambar-gambar keren) atau Blog Authority (membangun otoratis blog). Nah, kira-kira yang mana yaa yang jadi pilihan peserta DigitalMommie bulan depan?

Anda juga bisa ikut Kelas Pengayaan Digital Mommie. Syaratnya adalah Anda menjadi anggota aktif Kelas Online Basic Blogger Digital Mommie.

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.