RAZKids

Semangat Belajar Anak

RAZKids

Salah satu kebahagiaanku sebagai ibu dari anak2 yang belajar di rumah itu adalah ketika menyerap semangat belajar mereka. Anak-anak itu seakan punya energi luaarrr biasa yang meluap-luap bila sudah berkaitan dengan sesuatu yang disukainya. Lebih senang lagi kalau semangat belajar ini mereka lakukan secara mandiri, tanpa harus didorong-dorong apalagi dipaksa.

Itulah mengapa aku dan mas Aar selalu putar otak, mencoba segala cara untuk menumbuhkan semangat mereka. Asiknya lagi semangat mereka ini saling menulari. Semangat Tata yang sedang senang belajar bahasa Inggris melalu RAZkids membuat Yudhis jadi lebih semangat lagi.

Setiap pagi setelah sarapan, keduanya berlatih membaca dan merekam suara mereka secara mandiri. Ini sebuah step kemandirian yang baru untuk mereka.

Sebelumnya, buku Reading A to Z kami print lalu mereka membacakannya kepadaku sambil mengikutiku kemanapun aku pergi. Misalnya mereka membaca sambil aku mencuci piring atau beres-beres. Tapi dengan adanya fasilitas rekaman dari RAZKids mereka bisa melakukan kegiatan ini tanpa perlu tergantung kepadaku karena aku bisa mendengarkan hasil rekaman mereka dalam waktuku sendiri.

Mereka juga makin semangat karena adanya point berupa bintang yang diberikan setiap mereka selesai membaca buku, merekam suara mereka dan mengerjakan kuis. Point ini yang kemudian mereka tukarkan dengan aneka barang untuk roket mereka di RAZRocket.

RAZ Rocket

Semangat ini yang sebenarnya ingin kutularkan kepada anak-anak lain, itu mengapa aku akhirnya buka akses untuk 30 anak belajar Bahasa Inggris Online seperti Yudhis dan Tata. Dan kebahagiaanku pun bertambah dengan menyerap semangat yang datang dari anak-anak muridku itu. Ada satu anak bernama Faqih yang semangaaaat sekali. Setiap hari dia bisa melahap lebih dari 2-3 buku berikut rekaman dan kuis. Hmmmm… coba semua mata pelajaran bisa jadi asik seperti ini ya ūüôā

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.