30 Referensi Belajar Homeschooling

Selamat atas keberhasilan Anda menyelesaikan proses belajar tentang homeschooling selama 30 hari bersama Rumah Inspirasi. Email ini adalah yang terakhir dalam rangkaian 30 hari belajar tentang homeschooling.

Kami masih akan mengirimkan email kepada Anda, tetapi tidak lagi secara rutin setiap hari. Biasanya email berisi tentang informasi kegiatan, tips homeschooling, penawaran materi belajar, pengumuman webinar, dan lain-lain.

Kami juga memfasilitasi pendaftaran materi belajar online yang pernah kami gunakan. Jika ada kursi kosong, kami akan mengirimkan email berisi pengumuman pendaftaran IXL Math (tools belajar matematika online), Reading Eggs (tools belajar bahasa Inggris), atau Raz Kids (tools belajar bahasa Inggris).

Jika Anda masih ingin belajar tentang homeschooling, berikut ini beberapa resource yang dapat Anda gunakan.

1. Arsip artikel Homeschooling

Silakan membaca arsip artikel dan pengalaman keluarga kami menjalani homeschooling di: https://rumahinspirasi.com/homeschooling/

2. Webinar Homeschooling

Secara periodik, kami menyelenggarakan Webinar Homeschooling. Biasanya webinar homeschooling diselenggarakan dua kali dalam setahun. Webinar adalah seminar online melalui Internet untuk membahaskan tema tertentu.

Dalam webinar yang biasanya berlangsung beberapa sesi, kami membahaskan berbagai aspek tentang homeschooling secara lebih detil, mulai konsep, praktek, dan tips untuk memandu orangtua yang sedang menimbang homeschooling atau mulai menjalani homeschooling.

Silakan mendaftar di Newsletter Rumah Inspirasi ini karena kami akan umumkan jadwal webinar melalui newsletter ini.

3. Buku homeschooling

Sebagian besar buku referensi tentang homeschooling ditulis oleh penulis luar dalam bahasa Inggris. Buku-buku dalam bahasa Indonesia masih sedikit. Beberapa buku sudah tidak dicetak ulang oleh penerbit karena alasan komersial.

Saat ini, buku homeschooling dalam bahasa Indonesia yang tersedia adalah “Apa itu Homeschooling” karangan Sumardiono dan “Cinta yang Berfikir” karangan Ellen Kristi.

Untuk buku terbitan luar, salah satu yang cukup praktis adalah: “The First Year of Homeschooling Your Child” karangan Marsha Ransom.

4. Podcast Homeschooling

Dengarkan dan ikuti podcast (MP3) tentang homeschooling di SoundCloud: https://soundcloud.com/rumah-inspirasi

5. Grup Homeschooling

Ikuti grup-grup homeschooling di Facebook, misalnya:
Indonesia Homeschooler: https://www.facebook.com/groups/Indonesia.Homeschoolers/

Indonesia Homeschooling Network:
https://www.facebook.com/groups/Indonesian.Homeschooling.Net/

Rumah Inspirasi:
https://www.facebook.com/groups/GrupRumahInspirasi/

Anda juga bisa mengikuti aneka grup Whatsapp & Telegram yang membahaskan tentang parenting & homeschooling.
Sampai jumpa dalam email selanjutnya.

Salam,
Aar+Lala

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “30 Referensi Belajar Homeschooling”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.