Duta-Reading-Eggs2

Duta Menyelesaikan Reading Eggs

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Pepatah lama itu masih valid bagi kami dan merupakan salah satu pondasi pelaksanaan homeschooling yang kami jalani. Kami mengajari anak-anak untuk bertekun terhadap hal-hal yang dikerjakannya.

Kami percaya, orang cerdas yang angin-anginan alias tidak tekun sangat bisa dilampaui oleh orang yang kecerdasannya biasa saja tetapi tekun dan bekerja keras. Yang ideal itu adalah menjadi cerdas dan sekaligus tekun.Duta-Reading-Eggs2

***

Ketekunan itu kami bimbingkan bukan hanya pada anak-anak yang sudah besar, tapi sejak mereka kecil. Kami melakukannya dengan cara membiasakan mereka melakukan hal yang sama tapi terus berulang dan dilakukan secara konsisten. Porsinya sedikit tak apa-apa, yang penting konsistensinya dijaga.

Hal itu terjadi pada Duta yang mempunyai jadwal belajar bahasa Inggris, mengikuti jadwal kakak-kakaknya. Sedikit demi sedikit Duta belajar, ternyata buahnya sudah mulai dirasakan. Duta berhasil menyelesaikan perjalanan 12 level belajar bahasa Inggris di Reading Eggs.

Sulitkah prosesnya?

Sulit-sulit gampang. Kebetulan Duta anaknya keras terhadap janji dan kesepakatan. Jadi, setiap pagi usai sarapan dan mandi pagi, dia selalu ke depan komputer untuk belajar Reading Eggs. Biasanya dia minta aku temani untuk memastikan bahwa dia bisa minta tolong kalau ada kesulitan.

Walaupun proses belajar yang dilakukan Duta relatif teratur, tapi prosesnya tak mulus juga. Ada hari-hari yang terlewat karena dia keasyikan main. Juga, Duta sempat berhenti belajar cukup lama karena kami melihat dia mengalami kesulitan sehingga kami berkesimpulan dia belum siap maju. Jadi, proses belajarnya sempat libur beberapa bulan. Pada waktu itu Duta sudah berada di level 10.

Setelah libur beberapa bulan, kami coba perkenalkan lagi Reading Eggs dengan mengulang dari awal lagi. Duta sangat menyukai proses ini dan cepat sekali menyelesaikannya. Penyebabnya mungkin karena dia sudah pernah mengerjakannya. Juga, mungkin usianya yang bertambah membuatnya sudah lebih siap.

Duta-Reading-Eggs

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

4 thoughts on “Duta Menyelesaikan Reading Eggs”

  1. Fifit Wirantari

    BAgaimana cara Duta bisa menyelesaikan 12 maps di Reading eggs? Apakah bisa saya mengikutinya. karena setelah mencoba 14 trial days anak saya sangat antusias.
    Mohon infonya.

  2. Selamat siang mba, mau tanya kalau kita ingin daftar reading eggs/ixl math, satu pendaftaran harus utk satu anak ya mba?atau bisa digunakan utk beberapa anak(lbh dari satu)???

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.