Poster-WebHS2015

Troubleshooting Webinar Rumah Inspirasi

Webinar yang disenggarakan Rumah Inspirasi menggunakan platform Wiziq (www.Wiziq.com). Untuk memandu para peserta yang baru pertama kali mengikuti webinar, berikut ini langkah-langkahnya.

 

  1. Gunakan akun email aktif yang selalu Anda cek karena kami mengirimkan berbagai informasi melalui email. Jika Anda tidak membukanya, maka Anda sendiri yang akan rugi.
  2. Pastikan Anda mempersiapkan diri sebelum webinar. Lakukan registrasi di Wiziq menggunakan akun EMAIL SAMA (BUKAN Facebook) dengan yang Anda gunakan mendaftar di Rumah Inspirasi. Tutorial membuat akun Wiziq: https://www.youtube.com/watch?v=nWP8RCsYWRc
  3. DOWNLOAD & INSTAL aplikasi yang sesuai dengan alat yang Anda gunakan:

4. Tontonlah video tutorial masuk ke ruang webinar: https://www.youtube.com/watch?v=lPzufAgrbGs

Berikut ini problem yang sering dialami peserta saat berusaha mengikuti webinar.

1. Terlanjur login menggunakan Facebook
Jika Anda terlanjur register dan login menggunakan Facebook, maka Anda tidak akan mendapati ruang webinar.

Solusi: logout dari Wiziq (lihat gambar), kemudian register menggunakan akun email yang Anda gunakan saat mendaftar webinar.

signout

2. Tidak ada coming class
Anda sudah berhasil login, tetapi tidak mendapati ada kelas webinar yang ingin Anda ikuti seperti yang ada di video tutorial.

Solusi:
a. Jika Anda menggunakan broser (komputer), coba cek di menu My Classes: http://www.wiziq.com/class/myclasses.aspx (pastikan dalam kondisi LOGIN). Kalau ada, Anda bisa mengikuti webinar dengan mengklik kelas yang sesuai.

b. Kemungkinan lain masalah ini terjadi karena undangan webinar dikirimkan sebelum Anda membuat akun Wiziq. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, silakan berkirim email ke: support@rumahinspirasi.com untuk minta dikirim ulang undangannya. Setelah itu, lakukan signout. Kemudian lakukan login lagi seperti yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

myclasses

3. Ruang kosong
Anda sudah berhasil login dan launch webinar, tetapi hasilnya seperti layar yang kosong.

Solusi:
Masalah ini mungkin disebabkan oleh koneksi Internet di tempat Anda yang sedang buruk. Lakukan logout dan ulangi lagi proses bergabung ke ruang webinar.

4. Tombol Launch tak mau jalan
Kemungkinan terjadi masalah dengan Flashplayer di browser Anda.

Solusi:
Pastikan Anda mengunduh dan menginstal Windows Apps: di komputer Anda. Aplikasi ini khusus Windows dan membuat proses launching ruang webinar berlangsung lebih cepat dan ringan.

Berikut ini sampel rekaman video Trial Session Webinar yang lalu. Proses seperti inilah yang akan dilihat peserta webinar. Video seperti ini nanti bisa diunduh (paling cepat) sehari setelah webinar.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

6 thoughts on “Troubleshooting Webinar Rumah Inspirasi”

  1. masalah saya semalam kayaknya flashplayernya mbak. soalnya di atas bagian home aku wiziq ada permintaan instal flash player, tapi saya instal ga jalan-jalan. mungkin koneksinya. pas saya instal wiziq dekstop entah kenapa terbuka dengan google chrome. Padahal biasanya saya pakai mozilla dan pernah coba wiziq bisa masuk kelas. semoga pas hari H nya nanti bisa masuk kelas dan lancar 🙂 *curhat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.