7-cara-melatih-pikiran-untuk-bahagia

7 Cara Melatih Pikiran untuk Bahagia

“Happy people don’t have the best of everything. They make the best of everything. Be happy first”

Dalam buku “The Happiness Equation”, Neil Pasricha menuliskan 9 resep rahasia untuk selalu bahagia.

Salah satu resep kebahagiaan yang sudah disaring dari ratusan penelitian dan sudah didiskusikan di beragam konferensi adalah “7 Ways to Be Happy Right Now”

Menurut Neil, jika kita melakukan hal-hal tersebut dalam 2 minggu berturut-turut, kita akan menjadi lebih bahagia. 

Tujuh hal tersebut adalah:

Three Walks

Olahraga adalah hal yang paling efektif mengurangi depresi. Setengah jam berjalan cepat tiga kali seminggu bisa meningkatkan kebahagiaan. Jadi jangan lupa bergerak yaa.

The 20 Minutes Replay

Menulis selama dua puluh menit tentang pengalaman positif secara dramatis meningkatkan kebahagiaan. Mengapa? Karena Anda benar-benar menghidupkan kembali pengalaman tersebut saat Anda menulisnya dan kemudian mengenangnya setiap kali Anda membacanya.

Random Acts of Kindness

Tahukah Anda kalau hal paling cepat & bisa diandalkan untuk meningkatkan suasana hati adalah dengan melakukan hal yang baik untuk orang lain? Coba lakukan lima tindakan acak kebaikan dalam seminggu. Hal ini secara dramatis akan meningkat kebahagianmu.

A Complete Unplug

Penelitian dari Kansas State University menemukan bahwa istirahat tanpa internet (downtime) setelah bekerja dapat meningkat energi kita untuk hari berikutnya. Matikan ponsel & tidak menggunakan internet setelah makan malam bisa menjadi salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh kita dengan sempurna dan meningkatkan kebahagiaan di hari berikutnya.

Hit Flow

Mihaly Csikszentmihalyi menyatakan bahwa keadaan optimal manusia didapatkan ketika kita berada dalam aktivitas menantang yang sesuai dengan kemampuan kita. Terlalu banyak tantangan = gelisah. Kurang tantangan = bosan. Temukan kegiatan yang “pas” dengan kondisi Anda. Ketika itu terjadi, Anda akan merasa bahagia.

2 Minutes Meditation

Sekelompok tim peneliti dari Massachusetts General Hospital mempelajari hasil scan otak orang sebelum dan sesudah mereka melakukan meditasi. Ternyata setelah meditasi, bagian otak yang terkait dengan belas kasih dan kesadaran diri tumbuh sementara bagian terkait dengan stres menyusut. Penelitian tersebut melaporkan bahwa meditasi bisa memperbaiki hubungan di otak untuk meningkatkan kebahagiaan.

Five Gratitudes

Jika Anda bisa berbahagia dengan hal-hal sederhana, maka bahagia itu sederhana. Carilah hal-hal yang bisa Anda syukuri dan fokus kepada mereka lebih sering. Tuliskan dalam buku jurnal atau dalam blog Anda, tuliskan 3-5 hal yang Anda syukuri selama seminggu ini. Neil menuliskan hal-hal yang disyukurinya di web 1000awesomethings.com.

Itulah 7 cara melatih pikiran untuk bahagia. Sama seperti belajar naik sepeda, menggambar atau masak. Melatih pikiran untuk selalu bahagia bisa dilatih & dipelajari. Jadi, apa yang Anda syukuri hari ini?

Ini adalah catatan dari buku The Happiness Equation karya Neil Pasricha. Neil adalah seorang penulis terkenal dari serial buku “Book of Awesome” yang sudah terjual jutaan kopi. Pasricha termasuk salah satu pembicara TED paling populer dan telah mendedikasikan 15 tahun hidupnya membuat aneka program pengembangan diri yang bisa dilihat di webnya globalhappiness.org

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.