Webinar Homeschooling 2013

Untuk memberikan informasi tentang homeschooling bagi keluarga yang sedang mempertimbangkan homeschooling dan bagi keluarga yang baru memulai homeschooling, Rumah Inspirasi akan menyelenggarakan Webinar “Menimbang dan Mempersiapkan Homeschooling”.

Webinar berlangsung selama 7 sesi + 1 sesi tambahan setiap hari Kamis malam, pukul 19.00-21.00 WIB.

Setiap sesi webinar berdiri sendiri. Keluarga yang ingin mendapatkan gambaran lengkap tentang homeschooling disarankan untuk mengikuti seluruh sesi webinar. Walaupun begitu, peserta tetap dapat mendaftar dan mengikuti webinar per sesi materi.

Webinar Homeschooling 2013

***

TEMA SEMINAR ONLINE HOMESCHOOLING

 

Sesi I: Pengantar Homeschooling (Kamis, 31 Januari 2013)

Ditujukan untuk pemula yang ingin mengetahui dan menyiapkan homeschooling. Seminar ini akan membahas pertanyaan-pertanyaan basic tentang homeschooling: substansi homeschooling, perbandingan homeschooling dan sekolah, legalitas homeschooling, kurikulum homeschooling, ijazah anak homeschooling, persiapan memulai homeschooling, critical factor dalam homeschooling.

 

Sesi II: Model dan Metode Homeschooling (Kamis, 7 Februari 2013)

Tema ini membahaskan tentang berbagai model homeschooling, pendekatan belajar, metode homeschooling, terutama school-at-home dan Unschooling. Selain itu, dibahaskan pengantar tentang ragam metode-metode yg lain. Bagaimana memilih metode yang sesuai? Bagaimana metode/pendekatan itu terefleksikan secara praktis dalam homeschooling? Tema ini berisi wawasan untuk memperkaya pilihan-pilihan di dalam menjalankan homeschooling sehingga tak dibatasi dengan model sekolah formal seperti yang ada di Indonesia.

 

Sesi III: Mempersiapkan Pembelajar Mandiri (Kamis, 14 Februari 2013)

Orangtua bukan ahli segalanya. Orangtua homeschooling tak mungkin mengajari sendiri anaknya untuk semua materi/ilmu yang ingin dikuasai anak? Oleh karena itu, tantangan bagi orangtua homeschooling adalah menyiapkan anak sebagai pembelajar mandiri. Ini adalah ibarat proses memberikan kail untuk anak, bukan hanya sekedar memberikan ikan. Bagaimana prosesnya?

 

Sesi IV: Memanfaatkan keseharian untuk proses belajar (Kamis, 21 Februari 2013)

Homeschooling berbeda dengan sekolah. Salah satu kekuatan homeschooling adalah kehadiran keseharian/dunia nyata di dalam proses pembelajaran anak. Bagaimana strategi memanfaatkan keseharian? Bagaimana proses belajarnya? Apa ide-ide kegiatan untuk keseharian?

 

Sesi V: Homeschooling berbasis Internet (Kamis, 28 Februari 2013)

Teknologi membuat proses homeschooling bukan hanya lebih mudah, tapi lebih berkualitas. Dengan internet, kita bisa mendapatkan materi pendidikan berkualitas internasional, tak kalah dengan anak-anak di negara maju. Apa peluang dan pilihan-pilihan yang kita miliki? Bagaimana strategi dan proses belajarnya? Termasuk, pembahasan situs-situs yang bermanfaat dengan proses belajar anak.

 

Sesi VI: Manajemen keseharian homeschooling (Kamis, 7 Maret 2013)

Manajemen waktu, proses belajar, materi belajar, evaluasi belajar dalam pelaksanaan homeschooling. Tips-tips praktis menjalani keseharian homeschooling yang efektif dan menyenangkan.

 

Sesi VII: Homeschooling untuk Anak Usia Dini (Kamis, 14 Maret 2013)

Bagaimana prinsip-prinsip kegiatan homeschooling untuk anak preschool? Kegiatan apa saja yang dilakukan? Bagaimana proses belajarnya? Bagaimana jadwalnya? Bagaimana mengelolanya?

 

Sesi VIII: Tanya-Jawab, Sharing, Diskusi (Kamis, 21 Maret 2013)

Sesi ke-8 adalah sesi bonus yang ditujukan untuk peserta yang mengikuti seluruh sesi webinar. Sesi ini membahaskan hal-hal yang belum jelas atau pertanyaan-pertanyaan lain tentang homeschooling.

 

Setelah sesi webinar selesai, nanti kita atur untuk Kopdar para peserta Webinar, ketemuan bersama supaya kita bisa bertatap muka dan berdiskusi lebih santai. Waktu dan tempat akan ditetapkan kemudian.

***

 

TEKNIS SEMINAR

Pelaksanaan seminar homeschooling akan dilakukan secara online menggunakan fasilitas Internet. Seminar ini bisa diikuti oleh peserta yang tinggal di manapun, selama terhubung dengan Internet yang memungkinkan untuk melakukan koneksi suara/gambar. Webinar bisa diikuti melalui browser di komputer atau melalui aplikasi di tablet (iOS dan Android), tidak bisa melalui handphone.

Pembicara akan melakukan presentasi secara lisan disertai ilustrasi berupa slideshow. Peserta dapat mengirimkan pertanyaan sebelum acara dimulai. Peserta juga dapat mengajukan pertanyaan secara tertulis maupun lisan pada saat sesi tanya-jawab di dalam seminar.

Prasyarat teknis:
* Sambungan internet broadband (Speedy, Firstmedia, Telkomsel Flash, Smartfren, XL, IM2).
* Komputer/laptop dengan speaker atau tablet (iPad/tablet Android).
* Browser Chrome (laptop) atau Firefox untuk komputer/laptop.
* Aplikasi untuk iOSย  atau aplikasi Androidย jika menggunakan tablet.
* Headset dengan mic (Optional) – jika ingin memanfaatkan fasilitas bertanya dengan suara.

***

YANG AKAN DIDAPATKAN PESERTA

Dalam webinar tentang homeschooling ini, Anda akan mendapatkan berbagai hal yang sudah kami siapkan, antara lain:

  • Trial Session ruang Webinar untuk membuat Anda merasa nyaman
  • Bermacam-macam ebook bertema homeschooling yang sesuai dengan tema yang dibahaskan, antara lain (lihat gambar sampul ebook di bawah ini):
    • Mengapa Jutaan Orang Memilih Homeschooling?
    • Apa itu Homeschooling?
    • Legalitas & Ijazah Homeschooling?
    • Tantangan & Titik Kritis Homeschooling
    • Homeschooling: Aneka Model & Metode
    • Homeschooling: Menyiapkan Anak Menjadi Pembelajar Sejati
    • Homeschooling: Keseharian adalah Kunci Sukses Homeschooling
    • Memanfaatkan Internet untuk Homeschooling
    • Mendidik Digital Natives
    • Manajemen Keseharian Homeschooling
    • Homeschooling untuk Anak Usia Dini
  • Lembar kerja dan tools untuk membantu pelaksanaan homeschooling, antara lain:
    • Gambar Besar Homeschooling Kami
    • Perencanaan Homeschooling
    • Rencana Kegiatan Harian/Mingguan
    • Dokumentasi Kegiatan Harian
    • Membuat jadwal belajar
    • Checklist Perkembangan Anak 0-5 tahun
    • Peta Stimulasi Kecerdasan Majemuk
    • Kumpulan situs-situs belajar
    • Kumpulan situs games anak
  • Presentasi webinar selama 2 jam x 8 sesi = 16 jam, lengkap dengan tanya jawab secara langsung selama sesi webinar
  • Slideshow yang digunakan dalam webinar
  • Rekaman webinar secara penuh, sesuai dengan proses yang berlangsung dalam ruang webinar, lengkap dengan tanya-jawabnya.

serial-buku-homeschooling

***

PENDAFTARAN

Biaya mengikuti seminar adalah Rp. 35.000 (tiga puluh lima ribu rupiah) untuk setiap sesi/judul. Pendaftaran untuk paket seluruh sesiย Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah). Peserta yang mendaftar untuk seluruh sesi akan mendapatkan bonus berupa sesi tambahan (Sesi VIII).

Biaya pendaftaran dapat ditransfer ke:

Bank BCA No: 686-00-777-93
BCA cabang Kramat Kwitang Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Bank Mandiri No: 123-000-552-830-4
Bank Mandiri Cempaka Putih Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Setelah melakukan transfer, pendaftar diharapkan melakukan konfirmasi pendaftaran ke support@rumahinspirasi.com. Pendaftar akan mendapatkan email tanda kesertaan dan petunjuk untuk mengikuti proses seminar. Bagi yang baru pertama kali mengikuti, peserta akan mendapat kesempatan untuk mencoba platform yang digunakan sebelum acara seminar dimulai untuk mengecek apakah bisa mengikuti acara seminar.

***

Jika Anda terlambat mengetahui, Anda tetap dapat mengikuti Webinar, baik per sesi atau keseluruhan. Jika mendaftar keseluruhan, Anda akan mendapatkan rekaman webinar sesi-sesi sebelumnya beserta ebook, slideshow, dan materi lainnya.

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. pak aar…saya terlambat tau tentang webinar ini, tapi saya tertarik dengan materi ini secara keseluruhan. caranya bagaimana ya..

  2. veny oktaviany says:

    Pak aar…. saya juga terlambat tau ttg webinar ini. Saya tertarik dgn semua materi. Bagaimana caranya… terima kasih

  3. Pak Aar..salam kenal yaa..mau dong dapat materinya..sy juga baru tau ttg webinar ini..tolong dong pak ๐Ÿ™‚ maturnuwun :))

  4. zuraika says:

    Saya terlambat mengetahuinya, bagaimana kalau ingin ikut atau mendapat materinya. Thank u.

  5. Indri Wijayanti says:

    Pak Aar salam kenal. Seperti teman-teman yang lain, kayaknya saya juga terlambat mengetahui informasi webinar tentang homeschooling ini. Kapan Pak mau diadakan lagi? Atau mungkin bagaimana cara mendapatkan materinya? Terimakasih sebelumnya

    • Karena permintaan teman2, kami merencanakan utk mengadakan lagi dlm waktu dekat. Mungkin awal bulan depan mbak Indri. Stay tuned ๐Ÿ™‚

  6. Boleh beli materi seminarnya saja tidak? Supaya bisa di baca saat senggang *kliatannya agak repot klo harus staytuned saat webinar ๐Ÿ™

  7. bagaimana kalau saya tertinggal di beberapa sesi?

  8. Djohana Natalia says:

    Minta didaftarkan bagaimana cara mengikuti homeschooling.
    Terima kasih.

    • Homeschooling itu dijalani mbak, bukan mendaftar seperti sekolah. Sila mendaftar Newsletter, di sana nanti akan ada ebook FAQ Homeschooling yang bisa diunduh ๐Ÿ™‚

  9. Pak Aar, mohon gambaran dan langkah-langkah mengikuti hs kurikulum cambridge.
    Anak saya saat ini kelas 8 dan ingin beralih dari sekolah biasa ke hs.
    Kalau mungkin, apakah ada orangtua yang bisa direkomen pak Aar untuk menjadi tempat bertanya saya, karena saya sama sekali tidak mengerti.

    Thx before
    Ratna

  10. Rosana Wijayanti says:

    Salam super Pak Ar….saya telat banget ikutin pembelajaran HS ( krn baru ada baby sih.,.sekarang umur 18bln) mau belajar tentang HS apa program ini masih ada dan bisa di download meski terlambat? Terimakasih

  11. PAK AAR…semoga saya bisa mendidik anak dengan lebih baik melalui homeschooling ini..saya minta dibantu ya pak..saya pengen sukses seperti bapak dan ibu, anak saya skr kelas 8 sebelumnya sdh home schooling di kak seto semarang..sekarang kami pindah ke serpong tangerang..mengikuti ayah anak2 yg mutasi kerja..blm tau akan kami sekolahkan kemana kakak ini, saya sangat tertarik dgn HS yg sdh bapak jalankan..semoga saya sanggup menjalan HS seperti bapak dan kelg..bismillahirrohmanirrohim

  12. jika saya di luar pulau jawa apa bisa mengikutinya pak?

    • Bisa mas Sandro, webinar 2014 tinggal 2 sesi. Anda bisa mengikuti yg sekarang atau menunggu rekamannya setelah semua sesi berakhir. ๐Ÿ™‚

  13. Pak Aar..
    Sy ingin mengikuti webinar..kapan dan bgm ?
    Mohon saran krn anak sy klas 10 dan ingin homeschooling…tks

  14. siti c fauziah says:

    gmn y caranya ikut acara ini

  15. Angeline says:

    Dear Pak Aar….
    Saya mempunyai seorang puteri usia 18 bulan, setelah melihat dan mengeksplorasi pertumbuhan dan perkembangan anak saya dan melihat realitas dunia pendidikan saat ini dgn carut marutnya, saya memutuskan untuk merencanakan homeschooling untuk anak saya kelak. Saya siap menjadi orangtua pembelajar yang akan memberikan pengajaran kepada anak saya sendiri. Saya sdh konsultasikan dgn Psikolog Anak mengenai niat saya ini dan disarankan agar saya mempersiapkan diri terlebih dahulu ttg kurikulum nya sambil menstimulasi perkembangan anak saya sesuai dengan usianya. Mohon bantuannya Pak Aar untuk link artikel rekomendasi homeschooling anak usia dini/prasekolah, dan apakah tahun 2016 ini akan diadakan Webinar lagi? Besar harapan saya semoga ada. Terima kasih sebelumnya.

    • Sudah membaca buku “Apa itu Homeschooling” mbak? Kami merencanakan webinar HS Usia Dini dalam waktu dekat. Mohon ditunggu informasinya melalui newsletter

  16. Yulia Fonda says:

    Dear Pak Aar

    Saya berencana untuk membuat program homeschooling utk anak saya yang berusia 4thn krn kurikulum di preschool yg sangat membuat anak stress, pls informasi bagaimana cara mendaftar webinar dan cara mendapatkan materi2 lainnya.. Terima kasih

Tinggalkan komentar Anda

*