recycle

5 Sumber Ide Kerajinan dari Barang Bekas

Cinta bumi? Go green? Sayang lingkungan hidup kita? Mari kita belajar dan menggalakkan kehidupan yang ramah lingkungan dengan prinsip: reduce, reuse, recycle. Salah satunya memanfaatkan ulang barang bekas yang ada di rumah kita, seperti kardus bekas, botol bekas, kaleng bekas, dan lain-lain.

Berikut ini beberapa resource online berisi ide dan gagasan untuk memanfaatkan barang bekas secara kreatif.

1. Recycling Craft for Kids and Adults

Berbagai ide membuat prakarya dan kerajinan tangan (crafts) menggunakan barang-barang tak terpakai yang ada di rumah.

 

 

 

2.Recyclable Crafts from Disney Family Fun

Ide-ide craft untuk anak-anak menggunakan bahan bekas.

 

 

3. Upcycle Magazine
Upcycle Magazine adalah majalah yang berisi ide dan proyek untuk memanfaatkan barang bekas menjadi barang-barang dengan fungsi baru yang lebih bermanfaat.

4. Artwork from Recycled Pop Cans
Memanfaatkan kaleng bekas menjadi benda seni bernilai tinggi dan berharga mahal. Yang dibutuhkan adalah kreativitas dan ketekunan.

 

5. Aneka Ide Memanfaatkan Botol Plastik Bekas
Plastik bekas masih bisa dimanfaatkan menjadi beragam produk, seperti: fishmobile, Scenes in a bottle, lamp base, plastik vase, bell, dan solar hot water kettle.

 

 

 

PS: Terima kasih mbak Ekawati untuk sebagian link tentang craft menggunakan barang bekas ini.

Share this post

5 thoughts on “5 Sumber Ide Kerajinan dari Barang Bekas”

  1. Gan,aq lagi btuh ide ni buat manfaatin kardus susu,enaknya di bikin kerajinan apa ya gan?

    terima kasih gan….

  2. saya berminat untuk membuat homeschooling buat anak anak saya yg ber umur5 tahun dan 3 tahun , hal apa yang pertama harus sy lakukan. sbnrnya selama ini sy n anak anak bikin semaacam sekolah2han yg kami namai play school, disitu anak anak bkn craft,mengambar dll. tlng pencerahannya mengingat usia anak saya yg masuk usia sekolah (TK). makasih sblmnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.