Membuka Tabungan FESPER

Hari ini (2/1) Yudhis dan Tata membuka tabungan FESPER mereka. Tabungan ini dibuka karena Festival Pendidikan Rumah (FESPER) 2014 sudah semakin dekat. Jadi kami mulai berhitung biaya dan berapa kekurangan yang harus disiapkan menuju FESPER 2014 yang akan diselenggarakan tanggal 28-30 Maret 2014 di Salatiga.

Bagi yang belum tahun, FESPER yang kepanjangannya Festival Pendidikan Rumah adalah ajang tahunan keluarga praktisi pendidikan rumah. Kegiatannya adalah kumpul dan berkegiatan bersama selama beberapa hari. Fesper pertama diselenggarakan tahun 2013 di Yogyakarta dan tahun 2014 ini merupakan ajang FESPER kedua.

FESPER adalah acara tahunan yang sedang bersama-sama dirintis untuk menjadi sarana berkumpul, berjejaring, dan sharing bersama. Acara terinspirasi dari HESFES (Home Education Festival) di Inggris  dan bersifat non-komersial. Melalui acara ini, mudah-mudahan anak-anak dan keluarga bisa menjalin persahabatan, membangun kenangan pertemanan yang indah, dan berkolaborasi dalam kegiatan-kegiatan yang mereka inisiatifkan.

tabunganFESPER

***

Sejak mengikuti FESPER 2013 tahun lalu di Yogyakarta, Yudhis dan Tata selalu tak sabar menanti FESPER berikutnya. Mereka sangat ingin bertemu teman-temannya dari berbagai kota dan melakukan kegiatan bersama.

Untuk menyiapkan FESPER tahun 2014, kami membuat komitmen untuk menabung karena biaya untuk FESPER memang tidak murah. Walaupun bersifat non-komersial, seluruh biaya mulai sewa tempat, tenda, makan, peralatan kegiatan harus dipikul bersama.

Nah, supaya bebannya ringan, kami mengajari mengumpulkan uang sendiri untuk kesertaannya. Mereka harus membayar sendiri biaya perjalanan Jakarta-Salatiga dan biaya FESPER. Caranya, Yudhis dan Tata menggunakan kotak tabungan yang mereka miliki dan meminta kepada kami uang Rp 2 ribu setiap hari. Kalau mereka lupa, maka mereka tak akan mendapat uang tabungan itu.

Selain uang harian dari kami, ternyata Yudhis dan Tata berinisiatif menyimpan uang-uang apapun yang mereka dapatkan ke dalam tabungan FESPER-nya, mulai angpao lebaran, hadiah ulang tahun, dan sebagainya. Alhasil, hari ini mereka surprise karena jumlah uang yang terkumpul sudah cukup banyak. Yudhis berhasil mengumpulkan Rp 910 ribu dan Tata mengumpulkan Rp 920 ribu.

Program menabung untuk FESPER ini masih akan kami lanjutkan supaya perjalanan nanti lebih longgar dan ada tabungan kalau mereka ingin membeli sesuatu sepanjang acara dan perjalanan.

FESPER 2013

FESPER 2013

FESPER 2013

FESPER 2013

 

***

Saat ini panitia #FESPER2014 yang dipimpin mbak Septi & mas Dodik sedang melakukan finalisasi acara. Mudah-mudahan minggu depan acara #FESPER2014 sudah bisa diumumkan dan dibuka pendaftarannya. Update acara FESPER 2014 bisa dipantau di Facebook Page Festival Pendidikan Rumah.

 

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close