tim-boardgame-id-600px

Menjadi Reporter & Anggota Tim Boardgame Id

“Pak, namaku sudah masuk di Boardgame.id,” kata Yudhis semalam dengan antusias dan bahagia sambil menunjukkan handphone-nya.
“Selamat ya, Dhis,” kataku sambil membuka website Boardgame.id. “Di sebelah mana keterangannya?”
“Itu di bagian Tim BGID.”

Di layar, aku melihat foto dan nama Yudhis terpampang sebagai bagian dari tim Boardgame.id dengan title sebagai Reporter.

Boardgame.id adalah website yang membuat liputan tentang dunia boardgame, khususnya boardgame di Indonesia. Industri boardgame termasuk industri yang saat ini sedang menggeliat dan bertumbuh cepat.

***

Bermain, berjejaring & belajar Boardgame

Bersyukur, dalam kesenangan Yudhis bermain boardgame, dia mendapatkan paparan-paparan yang bermakna dalam pengembangan dirinya. Bersama Zaky & Kaysan, Yudhis merintis Paradox Boardgame, komunitas boardgame yang sering mengadakan kegiatan main boardgame bersama.

Dia bertemu dengan pada senior dan pemain dalam industri boardgame. Ada mas Ervan yang mengenalkan aneka boardgame koleksinya. Ada mas Eko Nugroho, game designer yang juga inisiator Boardgame.id. Ada mas Dani, mas Isa Akbar, mas Ferdian, mas Arya, dan senior-senior boardgame designer Indonesia.

Bersama para pemain dan desainer boardgame itu, Yudhis berjejaring melalui kegiatan komunitas, play day, dan lain-lain. Proses main dan berjejaring itulah yang membukakan pintu dan peluang magang ini.

Homeschooling Remaja

Dalam homeschooling usia remaja, beberapa jenis kegiatan pembelajaran di dunia nyata antara lain dilakukan melalui proses magang, shadowing, menjadi relawan, dan service learning.

Menjadi tim Boardgame.id merupakan bagian dari proses belajar, magang sekaligus berkarya di dunia nyata. Yudhis beruntung karena mendapat kepercayaan dan namanya bisa langsung terpampang sebagai bagian dari tim.

Tugas pertamanya adalah menjadi relawan dan sekaligus membuat liputan kegiatan “Bermain Game bersama Anak Jalanan” yang diselenggarakan Yayasan KDM.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.