(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-11

Perkembangan Bayi Anda

Mulai minggu ini sampai minggu 20, bayi Anda akan berkembang pesat – meningkat dalam ukuran dari sekitar 2 inci (5 cm) hingga sekitar 8 inci (20 cm) diukur dari puncak kepala sampai pantat. Untuk mengakomodasi semua pertumbuhan ini, pembuluh darah di plasenta meningkat jumlah dan ukurannya untuk memberikan nutrisi yang lebih banyak pada bayi.

Perkembangan bagian wajah berlanjut. Telinga bergerak menuju posisi akhirnya di sisi kepala. Jika Anda melihat foto bayi Anda sekarang, Anda akan berpikir Anda memiliki seorang bayi jenius – kepala bayi Anda menyumbang sekitar setengah dari panjang tubuhnya!

Meskipun organ reproduksi bayi Anda berkembang pesat, alat kelamin eksternal laki-laki dan perempuan muncul agak mirip sampai akhir minggu 11. Mereka baru akan jelas dibedakan pada minggu ke-14.

(c) Anatomical Travelogue
(c) Anatomical Travelogue

 

Perkembangan Tubuh Anda

Untuk menumbuhkan bayi Anda, biasanya berat badan tubuh Anda akan meningkan. Dalam kebanyakan kasus, kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 25 sampai 35 pon (11,33-15,87 kg) selama kehamilan. Jika Anda kelebihan berat badan (overweight) atau kurus (underweight) sebelum hamil, dokter Anda mungkin memiliki rekomendasi yang berbeda untuk mendapatkan berat badan yang sesuai untuk Anda.

Dokter mungkin menawarkan “screening test trimester pertama” yang menggabungkan USG dengan tes darah untuk menentukan apakah bayi Anda pada RESIKO (BUKAN MEMILIKI) kelainan kromosom tertentu, seperti sindrom Down. Hasil abnormal tidak berarti bahwa bayi Anda memiliki kondisi – tetapi mungkin berarti pengujian yang lebih lanjut diperlukan. Bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko dan keuntungan dari tes ini.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.