Tetap semangat memasak walau harus berdiri di atas kursi kecil

Latihan Membuat Sempurna

Kemampuan memasak adalah sebuah ketrampilan (skill). Ketrampilan tak diajarkan melalui buku atau ceramah, tetapi melalui proses berlatih.

Dan, berlatih itu membutuhkan waktu. Berlatih dimulai dari yang sederhana dan kemudian menjadi semakin kompleks. Latihan membuat sempurna (practice makes perfect), itu prinsip di dalam belajar ketrampilan.

Aku senang, Lala membimbing anak-anak belajar memasak. Dari proses sederhana melibatkan mereka di dapur, membantu proses memasak, hingga akhirnya terjun memasak sendiri. Anak-anak menikmati proses belajar ini dan ketrampilan mereka pun secara perlahan tumbuh semakin baik.

Tetap semangat memasak walau harus berdiri di atas kursi kecil

Seperti kemarin, Yudhis membuatkan sarapan pagi untuk kami berupa nasi goreng. Dia sudah bisa menyiapkan semua bahannya dan memasak sendiri. Bahkan, proses membumbuinya pun dilakukannya sendiri tanpa bantuan.

Walaupun dia harus menggunakan kursi kecil supaya bisa berdiri nyaman di depan kompor, semangatnya untuk memasak tetap membara. Walaupun tangannya belum cukup kuat untuk mengaduk nasi hingga rata, dia tetap mau melakukan sendiri semuanya.

Dan…akhirnya kami pun sarapan dengan nasi goreng buatan Yudhis. Apresiasi meluncur di depan. Semuanya bergembira dan berterima kasih kepada Yudhis. Setelahnya baru masukan untuk membuatnya lebih baik lagi di waktu-waktu selanjutnya.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

3 thoughts on “Latihan Membuat Sempurna”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.