Beberapa Cara Memulai Homeschooling

Masih banyak pertanyaan tentang bagaimana memulai homeschooling. Sebagian langsung bertanya, tanpa pernah melakukan pekerjaan rumahnya untuk membaca dan melakukan riset pribadi dulu. Sebagian lagi bertanya untuk mendapatkan insight pengalaman praktis homeschooling.

Saat Anda sudah memutuskan untuk melakukan homeschooling, berikut ini beberapa cara praktis dan sederhana memulai homeschooling menurut Linda Dobson, penulis buku “Tamasya Belajar”:

a. Gunakan waktu sebanyak mungkin untuk mengamati anak Anda saat bekerja dan bermain.
Perhatikan metode belajar dan cara bermain yang paling mereka senangi. Kemudian pikirkan kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama yang menggunakan metode itu. Bicaralah mengenai topik yang menarik baginya untuk mendapatkan petunjuk tambahan.

b. Beri anak kesempatan untuk membuat keputusan dan pilihan kegiatan yang ingin dilakukan.
Dia akan tertarik pada kegiatan yang menyenangkan baginya dan itu memberi Anda petunjuk tentang potensi kekuatannya. Perhatikan pula apa yang tidak disenanginya dan pikirkan cara untuk mengubah cara pendekatan Anda.

c. Cari jalan untuk melibatkan keluarga besar atau teman dekat dalam kegiatan belajar di rumah.
Ini akan memberi anak banyak waktu untuk bersama dengan orang-orang yang berarti dalam hidupnya. Selain itu, Anda akan mendapat banyak dukungan dari orang-orang yang Anda cintai untuk kegiatan belajar di rumah yang Anda lakukan ini.

d. Perhatikan atau ciptakan kesempatan bagi Anda dan anak Anda untuk menerapkan nilai-nilai keluarga.
Anak-anak pada usia dini dapat membantu Anda membuat kue, membuat kartu, melukis, atau memetik bunga dan menyerahkannya kepada orang yang membutuhkannya.

e. Jika Anda mengeluarkan anak dari sekolah, Anda harus peka terhadap kebutuhannya ketika melakukan penyesuaian.
Jika perlu, tetaplah berhubungan dengan beberapa kawan baik. Jalani masa transisi metode pendidikan yang berbeda ini dengan perlahan. Rencanakan beberapa kegiatan menyenangkan yang tidak mungkin dilaksanakan di sekolah.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. cicilia dinar says:

    …thanks infonya…

  2. Saya seorang ayah muda yg memiliki anak berusia 3 tahun, saya tertarik dgn homescholing. Ada beberapa yang ingin saya tanyakan: 1). Berapa Usia awal anak dapat memulai Homesholing? 2). Bagaimana cara kami untuk memulai Homesholing bagi anak kami? 3). Apa yamnng harus kami persiapkan dalam pelaksanaan homescholing? Trim’s

    • Proses pendidikan saat usia dini adalah good parenting. Intinya adalah: anak sehat, anak bahagia, anak memiliki keterampilan mengeksplorasi dunia. Orangtua bisa memulainya dengan melakukan kegiatan2 yang membangun ikatan orangtua-anak.

  3. Joice Siagian says:

    Hi Kang Aar, Saya juga homeschooling. Saya sedang praktek untuk anak saya yang berusia 4,5th. Hasilnya emang seru dan menantang. Tapi tahun ini mungkin kami memutuskan untuk memasukkan dia ke TK yang nuansanya main karena saya melihat kebutuhan dia terbesar adalah sosialisasi. Saya sekarang memasukkan dia di Kelas Lego, Musik dan Renang. Tiap ada teman-teman pasti dia lupa belajar. Ternyata homeschooling membuat kita belajar tentang diri kita sendiri. Saya harus legowo bahwa it is oke kalau dia masuk TK asal bukan TK yang memaksa anak untuk belajar Calistung. Saya yakin dengan doa, Tuhan pasti buka jalan dan menuntun ke tempat yang benar karena anak adalah milik-Nya kita adalah tempat titipan.
    Sekarang saya sedang selektif pilih SD. Saya juga dapat insight bahwa guru tidak akan pernah bisa jadi pendidik, guru itu memang pengajar. Bagaimana mungkin pendidik dengan waktu singkat dan anak-anak banyak. Pendidik tetap orang tua. Artinya saya tetap harus bertanggung jawab atas pendidikan anak saya. Guru dan para trainer adalah konsultan yang menolong saya untuk mengajar anak saya.
    Kang Aar juga jadi trainer dengan webnya.

  4. Hallo kang aar…sy mau tanya…apakah dlm homeschooling anak dpt mengejar ketertinggalan sehingga dalam satu tahun ajaran dpt menyelesaikan 2 tingkatan kelas dan kemudian msk ke sekolah reguler?trm ksh sblmnya.salam

  5. Salam kenal kang Aar…
    Saya ibu dr anak laki2 SD kls 6. Saat ini anak saya msh bingung setelah ini, apakah akan msk sklh umum atau homeschooling. Saya perhatikan anak saya cara belajarnya lebih cepat dgn cara praktek lgsg & sambil bermain. Dia agak lambat menangkap materi pembelajaran jika terlalu kaku & serius. Saat ini anak saya sekolah di Sekolah Alam. Sebaiknya anak saya melanjutkan kemana ya? Dan mohon dijelaskan bgmn metode belajar dgn homeschooling. Trm ksh sblmnya kang Aar…

  6. Ummu naufal says:

    Salam kenal..bagaimana memulai HS buat anak saya kelas 4 tapi dia masih ingin sekolah formal.bagaimana metode yg diberikan ….

    • #Ummu Naufal: kalau yang ingin HS adalah orangtua (bukan anaknya), maka harus dilakukan proses diskusi dengan anak agar hal-hal yang menjadi concern anak bisa dicarikan jalan keluarnya. Jangan lupa untuk membaca buku “Apa itu Homeschooling” supaya dapat gambaran bagaimana proses homeschooling dijalankan, karena HS bukan hanya memindahkan sekolah ke rumah.

  7. Dewi Eristy says:

    Sy seorg ibu dri 2putri yg SD kls2 dan kls 4.
    Sy ingin ank2 bisa belajar Disiplin Waktu-makanya sy masukan sekolah Formal, tpi sy lhat ank2 juga merasa Jenuh dg rutinitas (spt yg sy alami juga masa kecil dlu).
    Brkt pagi-pulang siang jam12-yg kls4 nyape sore, wktu istirahat sdh malas2 pegang buku.
    Makanaya sy ingin ank2 bisa Homeschooling,tpi disatu sisi takut ank2 td Bisa Disiplin Waktunya.
    Harapan sy,ank2 dpt trs blajar dirumah dan ttep berinteraksi dg luar – tpi ank2 klo sdh kluar rumah sllu lupa dg waktu (apa krna pikiran mrka bsok kan sy bljar diSekolah,nda usah belajar dirumah-dirumah hanya kerjakan PR saja)
    Mohon infonya,cara2 menerapkan spya ank2 bisa Disiplin Waktu dg cara Belajar yg mrka suka.
    Terimakasih atas responnya..
    Salam.

  8. habibah says:

    Hay kang aar… Sy pny anak usia 2thn…
    Sy bersepakat dengan suami untuk tidak memasukkan anak ke KB… Tetapi suami mengharuskan sy sbg pengajar di rumah saya… Sy bingung… Karna saya hanya tamatan smA saja…
    Sy sudah pesimis sendiri takut2 kalau sy tdk bs mengajari anak sy kedepannya….
    Mohon bantuan nya.

    • Selain dengan banyak membaca, Anda bisa mengikuti webinar homeschooling yang membahas lengkap tentang homeschooling

  9. Kalau kita terapkan hs di rumah dgn kita gurunya besok kala anak di grade 6 kls 6 sd ujiannya ikut kejar paket itu ya?

Tinggalkan komentar Anda

*