Pendidikan-Karakter

Pendidikan Karakter: Sikap Positif & Pantang Menyerah

Belajar bukan hanya perihal menguasai materi pelajaran. Belajar bukan hanya jago mengerjakan tes ujian dan mendapat nilai bagus atau menjadi juara kelas.

Menurutku, materi pelajaran bisa saja dilupakan dan tidak diingat lagi. Apalagi kalau materinya hafalan dan cukup jauh dari realitas kehidupan anak.

Yang penting, menurutku, justru berkaitan dengan proses-proses yang terkait dengan belajar. Proses yang dilakukan secara terus-menerus akan membekas dan menjadi nilai-nilai yang terinternalisasi dalam diri anak.

Kalau proses belajar dan meraih prestasi dilakukan dengan mencontek & curang, nilai-nilai itu akan menginternal pada anak. Demikian juga jika nilai yang dijalani anak adalah kerja keras dan kejujuran, nilai-nilai itu pula yang akan tertanam dalam diri anak.

Pendidikan-Karakter

***

Sikap positif dan sikap mental pantang menyerah (agility) adalah sikap mental penting yang perlu dikuasai anak. Sikap-sikap ini adalah produk dari pendidikan karakter yang berhasil dan perlu menjadi bagian dari pembelajaran anak-anak sehari-hari.

Bagaimana sikap positif dan mental pantang menyerah itu diserap dan dipelajari oleh anak?

Salah satu dan utama adalah melalui inspirasi dan keteladanan yang dilihat anak. Keteladanan bisa diperoleh dari manapun, termasuk dicontohkan oleh keluarga dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana prakteknya? Silakan simak video berikut ini:

[fbvideo link=”https://www.facebook.com/RumahInspirasi/videos/829102073869591/” width=”500″ height=”400″ onlyvideo=”1″]

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.