Panahan-Yudhis

Belajar Memanah bersama Klub Oase

Beberapa bulan terakhir ini, Yudhis & Tata belajar memanah bersama anak-anak homeschooling yang berkegiatan di Klub Oase. Awalnya ada Wiwiet dan beberapa orangtua yang ingin anak-anaknya belajar memanah. Mereka menghubungi pelatih panahan dan menawarkan pada orangtua di Klub Oase.

Nah, kebetulan tempat berlatihnya adalah di tanah kosong sebelah rumah yang sering digunakan untuk kegiatan pramuka Klub Oase.

Saat trial session memanah, Yudhis dan Tata ikut mencoba. Kami sendiri awalnya agak ragu untuk mengikutkan Yudhis dan Tata dalam kegiatan memanah ini karena memang tidak ada budget yang direncanakan untuk kegiatan ini.

Ternyata, Eyang Putri sangat suka melihat para cucunya memanah. Apalagi tempat latihannya sangat dekat. Jadilah kemudian Eyang Putri berkata “Kalau kalian (Yudhis & Tata) berminat, Eyang Putri yang traktir.”

Tentu saja Yudhis dan Tata mau, hehehe… Terima kasih Eyang Putri.
panahan-latihan

***

Ujian Memanah tingkat Pre-Basic

Sekitar 3 bulan menjalani latihan memanah setiap hari Rabu, tanggal 30 Mei yang lalu anak-anak melakukan ujian pertama. Judul ujiannya adalah SKM (Sertifikasi Keahlian Memanah) yang diselenggarakan p;eh INASP (Indonesia Archery Schools Program). Tingkat ujiannya adalah Pre-Basic.

Ujian memanah ini berlangsung di Depok. Anak-anak harus memanah jarak 3 meter 10 kali rambahan @3 panah. Skor minimal untuk lulus adalah 100.

Ternyata, anak-anak Klub Oase semuanya lulus ujian memanah ini, termasuk Yudhis dan Tata. Yudhis skor memanahnya adalah 240 sementara Tata skornya adalah 148.

Panahan-Ujian

Tata-SertifikatPanahanPreBasic

***

Pendidikan Karakter dari Kegiatan Memanah

Awalnya, aku melihat aspek terpenting dari kegiatan memanah ini adalah fokus dan konsentrasi. Tapi, ternyata banyak hal lain yang terbangun dalam proses anak-anak belajar memanah. Peningkatan fokus hanya salah satu dari nilai-nilai yang dikembangkan dalam memanah.

Yang pasti, olahraga membuat anak-anak berkeringat. Olahraga membuat fisik mereka semakin sehat dan bugar. Kebugaran itu penting dan berpengaruh pada kejernihan pikiran dan kecerdasan anak-anak.

Aspek terpenting dari memanah, menurut para coach, justru pada ketenangan (calm). Jadi, selain olahraga fisik, ternyata memanah sangat kuat unsur meditatifnya. Anak-anak belajar tenang, tidak grusa-grusu, mengatur nafas, menjaga kestabilan emosi agar panahnya melaju secara konsisten dan tepat menuju sasaran.

Panahan-Yudhis

Tulisan menarik lainnya

Share this post

28 thoughts on “Belajar Memanah bersama Klub Oase”

  1. Keren sekali klub memanahnya. Lokasi latihan nya dimana? Dan kalo mau gabung klub oase persyaratannya apa aja ya mas Aar? Terima kasih sebelumnya.

      1. Pak Aar….boleh tau Cipiang Muaranya dimana ya??
        Saya di Cip. Muara 3, kalo boleh kapan2 saya mau main kesana, karena anak saya mau coba latihan memanah. Oh ya…apakah ada batasan umur kalo latihan di tempat bapak?

        Terima kasih
        Richard Bruning
        (081386909567)

  2. Wah bagus ya…saya tertarik utk anak2 saya belajar memanah…boleh tau alamat lengkap dan no tlp biar bisa tanya2 nich.

  3. Bisa minta alamat yang di cipinang muara pak, untuk bisa ikut latihan caranya bagaimana pak, trm ksh ditunggu infonya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.