(c) The Anatomical Travelogue

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-1

Perkembangan Bayi

Minggu pertama sesungguhnya adalah masuk pada masa menstruasi Anda. Sebab, tanggal tanggal kelahiran bayi Anda (EDD, Expected Delivery Date) dihitung dari hari pertama haid terakhir Anda. Minggu ini dianggap sebagai bagian dari periode 40 minggu masa kehamilan Anda meskipun bayi Anda belum kelihatan.

(c) The Anatomical Travelogue
(c) The Anatomical Travelogue

Kondisi Tubuh Anda

Selama kehamilan, kebiasaan sehat Anda dan kesehatan bayi Anda berjalan beriringan. Saat Anda berencana untuk hamil, luangkan waktu untuk mempersiapkan tubuh Anda agar siap untuk menjadi ibu.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda ingin hamil:

  • Hindari alkohol, obat-obatan, dan produk tembakau. Zat ini dapat menyebabkan cacat lahir, sindrom janin alkohol (Fetal Alcohol Syndrome), masalah pernapasan, berat badan saat lahir rendah, dan masalah kesehatan lainnya.
  • Konsultasikan dengan dokter tentang obat resep dan non-resep OTC) obat yang Anda pakai. Jika akan hamil, Anda harus memberi perhatian khusus pada obat karena banyak obat resep dan obat bebas dapat berakibat buruk pada janin. Tapi jangan berhenti minum obat resep tanpa konsultasi dokter.
  • Pertahankan diet yang mengandung jumlah yang cukup vitamin, terutama asam folat. Wanita yang berusaha untuk hamil harus makan 400 mikrogram asam folat setiap hari. Asupan asam folat yang memadai mengurangi risiko cacat tabung saraf (cacat lahir yang disebabkan oleh perkembangan yang tidak lengkap dari otak atau sumsum tulang belakang), seperti spina bifida. Pastikan untuk konsultasikan dengan dokter Anda tentang mengambil suplemen asam folat ketika Anda mencoba untuk hamil.

 

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

1 thought on “Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-1”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.