(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-21

Perkembangan Bayi Anda

Cairan ketuban yang mendukung bayi dalam rahim sekarang memiliki fungsi lain. Usus telah cukup berkembang sehingga sejumlah kecil gula dapat diserap dari cairan yang ditelan dan melewati sistem pencernaan ke usus besar. Namun, hampir semua makanan bayi Anda masih berasal dari Anda melalui plasenta.

Sampai saat ini hati dan limpa bayi Anda telah bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah. Tapi sekarang ruang sumsum tulang sudah berkembang sehingga bisa berkontribusi dalam pembentukan sel darah juga. Sumsum tulang ini akan menjadi tempat utama produksi sel darah pada trimester ketiga dan setelah melahirkan. Limpa akan berhenti memproduksi sel darah pada minggu ke-30 dan hati akan berhenti beberapa minggu sebelum kelahiran.

 

(c) Anatomical Travelogue
(c) Anatomical Travelogue

 

Perkembangan Tubuh Anda

Apakah olahraga yang aman selama kehamilan?

Olah raga dapat menjadi cara yang bagus agar Anda tetap bugar selama kehamilan. Olah raga bahkan dapat mengurangi beberapa gangguan seperti varises, berat badan yang berlebihan, dan sakit punggung.

Tapi kehamilan bukanlah waktu untuk olahraga berat. Karena ligamen menjadi lebih rileks selama kehamilan, Anda berisiko lebih tinggi untuk cedera. Olahraga tekanan rendah atau tanpa tekanan seperti yoga, berenang, dan berjalan adalah pilihan terbaik Anda.

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga saat Anda sedang hamil.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.