PanggunBoneka

Panggung Boneka: Planet Zoonimal

Proyek anak-anak minggu ini adalah Panggung Boneka. Proyek ini untuk menjawab tantangan terbesar dalam program No Game – No Gadget – No Tv – No Internet yang sedang kami terapkan pada anak-anak, yaitu memperbanyak kegiatan fisik motorik mereka.

Panggung boneka ini dibuat dari kardus bekas yang dilapis kain felt. Tata menggunting kain felt dan membuat latar belakang panggung, Yudhis membuat struktur panggung & melapisi bagian papan atas panggung dengan kertas.

Aku membantu Tata menjahit tirai di bagian kiri-kanan panggung dengan kain bekas. Kemudian mereka berdua membuat boneka dari lipatan kertas origami. Tekniknya mereka lihat di Origami Club. Utk keperluan panggung boneka ini, kami memberikan izin mereka untuk menggunakan internet untuk mencari materi.

Panggung boneka ini dikerjakan beberapa hari di antara kegiatan harian anak-anak lainnya. Sabtu siang Abby datang & ikutan proyek ini. Sebelumnya mereka pernah membuat sandiwara boneka (tanpa panggung) berjudul Planet Robot Zorox.

Kali ini Abby membantu membuat script cerita planet Zoonimal. Setelah ditulis oleh Abby, script lalu diketik rapi oleh Yudhis, diberi warna berbeda untuk setiap pemain (Yudhis-Abby-Tata), lalu dicetak sejumlah pemain dan mereka berlatih untuk pementasan esok harinya.

Inilah hasil pementasan mereka:

Bonus dari proyek ini adalah Duta yang senang bermain dengan panggung boneka hasil buatan kakak-kakaknya ^_^

Share this post

1 thought on “Panggung Boneka: Planet Zoonimal”

  1. mba lala idenya aku contek ya…selama ini si kecil saya ajari bikin origami hasilnya cuma ditempel nah sekarang ada ide dech buat panggung boneka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.