(c)  Frangipani Photograph via Flickr

Belajar di mana saja: airport

Belajar bukan hanya perihal mata pelajaran saja. Belajar bukan hanya terjadi di sebuah ruang bernama kelas/sekolah. Belajar bisa tentang apa saja dan di mana saja.

(c) Frangipani Photograph via Flickr

Lihatlah foto di atas. Apa yang bisa dipelajari anak-anak di tempat ini? Kalau kita mau, di tempat ini anak-anak bisa belajar bermacam-macam.

  • Mau belajar tentang pesawat: jenis-jenis pesawat? Sejarah pesawat? Desain pesawat?
  • Mau belajar tentang jadwal pesawat? Penjadwalan pesawat? Pengaturan keberangkatan dan kedatangan? Proses yang dialami seseorang di bandara (berangkat/datang)?
  • Mau belajar tentang profesi-profesi yang ada di bandara? Apa kualifikasi untuk setiap profesi? Apa pendidikan yang diperlukan? Sikap apa yang menonjol pada setiap profesi?
  • Mau belajar tentang harga tiket? Matematika uang dengan menggunakan harga tiket? Bisnis-bisnis apa saja yang ada di bandara?
  • Mau belajar tentang perilaku orang di bandara? Bagaimana kebiasaan orang datang, menunggu, dan pergi?

 

Anda mau menambahkan?

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

1 thought on “Belajar di mana saja: airport”

  1. Teringat training belajar komunikasi antar tim, salah satunya belajar dari komunikasi di bandara, antara meja tiket, pengatur signal, penjadwal penerbangan, katering, persiapan pesawat (layak/tidak layak terbang). Harus benar2 jelas dan paham antar tim padahal berbeda istilah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.