(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-31

Perkembangan Bayi Anda

Sekarang bayi Anda buang air kecil beberapa cangkir per hari ke dalam cairan ketuban. Dia juga menelan cairan ketuban, yang diganti sepenuhnya beberapa kali per hari.

Kelebihan cairan dalam kantung ketuban (dikenal sebagai polihidramnion) mungkin berarti bahwa bayi tidak menelan secara normal atau bahwa ada obstruksi gastrointestinal.

Cairan yang tidak cukup dalam kantung ketuban (oligohidramnion) mungkin berarti bahwa bayi tidak buang air kecil dengan benar dan dapat menjadi petunjuk mengenai masalah ginjal atau saluran kemihnya.

Dokter akan mengukur tingkat cairan ketuban Anda sebagai bagian dari USG rutin Anda.

(c) Anatomical Travelogue
(c) Anatomical Travelogue

 

Perkembangan Tubuh Anda

Kelenjar susu pada payudara Anda sekarang mungkin sudah mulai membuat kolostrum. Kolostrum adalah pra-susu yang memberikan kalori dan nutrisi untuk bayi Anda pada beberapa hari pertama sebelum ASI Anda keluar. Untuk beberapa wanita, kolostrum itu tipis dan berair. Pada wanita lain, kolostrum itu tebal dan berwarna kekuningan. Jika Anda melihat kolostrum pada payudara Anda bocor, Anda dapat menggunakan pelindung susu (breast pad).

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.