logotwitter

10 Cara Gunakan Twitter secara Produktif

Twitter adalah tools. Kita bisa menggunakannya sesuai keinginan kita. Ada beberapa cara menggunakan Twitter yang bisa meningkatkan kualitas hidup kita dan sekaligus produktivitas kita.

Berikut ini 10 cara menggunakan Twitter untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat:

1. Twitter untuk menyalurkan Kegalauan
Twitter bisa menjadi ajang curhat dan galau. Dengan berbagi melalui Twitter, kita bisa mendapat respon dari sahabat kita. Penggunaan Twitter semacam ini adalah memfungsikan Twitter sebagai saluran katarsis emosi, untuk kepentingan personal. Kita juga bisa menggunakan Twitter untuk melakukan pengaduan mengenai sebuah produk atau layanan tertentu.

Tapi karena Twitter adalah alat publik dan twit kita masuk ke ranah publik, just be careful. Hati-hati jangan sampai menambah masalah, bahkan jatuh ke urusan pidana karena kita dinilai melakukan pencemaran nama baik atau perbuatan tidak menyenangkan. Juga, jangan terlalu banyak mengeluh dan galau. Galau sesekali itu manusiawi. Tapi kalau setiap saat galau, itu menunjukkan kepribadian kita yang tidak dewasa.

2. Twitter untuk Pencerahan & Motivasi
Twitter bisa juga digunakan untuk mendapatkan inspirasi dan pencerahan-pencerahan. Cara paling mudah adalah follow akun-akun yang isinya berbagi quote dan motivasi.

3. Twitter untuk Belajar
Melalui Twitter, kita bisa belajar mengenai bermacam-macam hal yang menjadi minat kita. Caranya adalah dengan mem-follow orang/akun yang menurut kita sering berbagi twit informatif, edukatif, dan inspiratif. Sebagai contoh, karena senang belajar tentang branding, aku follow pak @subiakto. Belajar tentang media sosial, belajar follow @nukman, @bukik, @pungkas. Tinggal tentukan area yang menjadi minat kita, kemudian follow akun yang rajin berbagi,

4. Twitter untuk Mengikuti Berita
Salah satu kekuatan Twitter adalah update berita yang cepat, nyaris instan. Berita bisa berasal baik dari portal berita atau dari masyarakat. Kalau mau gampang, tinggal follow situs berita, misalnya Kompas, Detik, atau search dengan kata kunci atau hashtag untuk mendapatkan berita tertentu.

5. Twitter untuk Sharing
Kalau kita memiliki hal yang bermanfaat, Twitter adalah alat yang luar biasa untuk berbagi. Informasi jalan, link, berita, pendapat, pengetahuan, pengalaman. Bisa juga menjadi alat untuk bertanya dan mencari feedback dari crowd. Kultwit, membuat seri twit berurutan dalam satu tema. Biasanya tema itu diberi pengenal tagar #tema supaya antar-twit saling terkait dan orang lebih mudah mencarinya.

6. Twitter untuk Berjejaring
Bersama teman2 yang sehati atau satu minat. Misalnya, sesama praktisi homeschooling, sesama aktivis pendidikan, sesama pebisnis online, dan sebagainya. Aktivitas yang dilakukan adalah follow, retweet, ngobrol, saling mengapresiasi dan mendukung.

7. Twitter untuk Gerakan Sosial
Twitter bisa digunakan untuk melakukan gerakan sosial. Banyak gerakan sosial yang terlahir melalui Twitter atau mendapatkan amplifikasi berkat Twitter. Sebagai contoh adalah gerakan @akademiberbagi yang membuat kelas-kelas pelatihan gratis di berbagai kota, @idbercerita yang berbagi cerita anak dalam bentuk digital, @bincangedukasi untuk diskusi tentang pendidikan, @idberkebun untuk mempromosikan kegiatan berkebun di perkotaan, dll.

8. Twitter untuk Marketing
Marketing tidak harus bisnis, tetapi biasanya memang lebih terkait dengan kegiatan bisnis. Kegiatan marketing di Twitter bisa berupa marketing gagasan, brand maupun produk. Bisa juga promosi kegiatan. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang sudah menggunakan Twitter dan merasakan efektivitas kegiatan pemasaran yang dilakukannya. Perusahaan-perusahaan telekomunikasi

9. Twitter untuk Pelayanan konsumen
Twitter juga bisa digunakan untuk saluran untuk berkomunikasi dengan pelanggannya (customer service); menerima keluhan pelanggan, memberikan solusi dan edukasi. Para artis juga menggunakan Twitter untuk menjalin komunikasi dengan para fans-nya.

10. Twitter untuk Bisnis Personal & Usaha Kecil
Karena dalam Twitter model komunikasinya bersifat datar dan virtual (tidak kelihatan bangunan gedung perusahaannya), maka tidak kelihatan perbedaan antara perusahaan kecil atau perusahaan besar. Ini memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk menggunakan Twitter untuk melakukan bisnis. Kalau bisa menggunakannya dengan benar, Twitter memberikan peluang yang sangat besar untuk lompatan bisnis-bisnis berskala personal dan kecil.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

4 thoughts on “10 Cara Gunakan Twitter secara Produktif”

  1. tanya ah ya sbg nubie twitter, saya prnh lihat di twitter orang yg me retweet spt ini : kata2 saya RT kata-kata org yg sy retweet. itu gmn cara ya Pak Aar? soalnya ktk sy pencet tombol retweet, sy ga bs tambahin kata-kata saya, sekedar meretweet kata-kata org yg sy retweet. tapi kalau pakai tombol reply, yg muncul cuma kata-kata saya, tdk ada kata-kata org yg ingin sy retweet. Bgmn ya pak?

    1. Caranya klik Retweet, kemudian di depan RT kita ketikkan komentar kita; baru Enter. Kalau Reply, isinya memang tidak muncul, twitnya hanya masuk ke TL yg bersangkutan.

      Btw, mbak Rika memakai software/aplikasi apa? Kalau kesukaan saya TweetDeck 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.