windows-7-logo

Upgrade Vista Home Premium ke Windows 7

windows-7-logoDone, finally. It takes almost 4 hours to upgrade Windows Vista Home Premium to Windows 7. I use a notebook HP Pavillion dv2, processor AMD NEO MV-40 1.6 Ghz, RAM 2 GB.

Capek juga, tapi lega rasanya setelah mengupgrade Vista yang lemot dan menggantinya dengan Windows 7 yang dipuji-puji banyak orang. Proses upgrade Windows 7 aku mulai jam 12.00, selesai hampir jam 16.00. Sebelum itu, selama hampir 3 jam waktu habis untuk proses membuat Recovery Disc (sebagai backup plan kalau ada masalah dalam upgrade). Data-data sudah aku backup sebelumnya ke hardisk eksternal.

Proses upgrade Windows 7 dari Vista sebenarnya tidak susah. Praktis, semuanya dipandu melalui layar (onscreen instruction) dan berjalan otomatis. Pengalamanku ini menggunakan Windows 7 yang aku dapat dari “Windows 7 Upgrade Option Program from HP”.

Ada 3 tahap utama:
1. Memasukkan CD “HP Upgrade Manager” untuk menginisiasi proses.
2. Memasukkan CD “Windows 7” dan memilih menu upgrade (bukan clean install).
3. Setelah selesai upgrade, memasukkan CD HP Upgrade Manager untuk memastikan driver-driver sudah terinstal dengan benar.

Prosesnya relatif mulus (walaupun lama). Hanya ada sedikit masalah pada saat upgrade BIOS, ada pesan error tapi tidak masalah. Terus, waktu untuk upgrade BIOS itu cukup lama dan tanpa tanda-tanda perkembangan (seolah “hang”). Aku sempat Cancel proses ini dan mengulang dari awal. Tapi, ternyata memang begitu prosesnya. Tahu-tahu, proses inisiasi itu selesai dan diminta memasukkan CD Windows 7 Installer.

Selanjutnya proses upgrade Windows Installer. Tak ada proses yang kulakukan selain hanya menunggu sambil mengamati progress bar berjalan setahap demi setahap. Selama proses ini, beberapa kali Windows Restart otomatis (kita tak perlu melakukan apapun) dan selanjutnya melanjutkan proses upgrade.

Kesan pertamaku terhadap Windows 7 adalah lebih cepat dan lebih stabil daripada Vista (yang di komputerku sangat lambat). Proses awal sewaktu booting lebih cepat. Grafisnya mirip Vista dengan penyempurnaan di sana-sini. Semalam aku menginstal ulang beberapa program (Thunderbird, Office, Opera, dll), prosesnya lancar dan tak bermasalah. Baru itu komentar singkat tentang Windows 7. Kesan awal yang baik.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

4 thoughts on “Upgrade Vista Home Premium ke Windows 7”

  1. Sayangnya pembajakan di Indonesia sangat marak gan, bahkan peraturan pemerintah belum begitu kuat juga. Tapi basicly, W7 menurutku memang bagus dan enak banget dari pada vista yang merupakan produk gagal. Eh! Tai kini ada w8 yg lebih keren lagi ūüėČ

  2. terima kasih telah berbagi Pak, senang sekali rasanya membaca tulisan2 di blog ini, jadi tambah wawasan.. semoga selalu di beri kesehatan dan sukses selalu

  3. les privat di bintaro

    Bagus artikelnya, menginpirasi kami. Siap bekerjasama untuk Les Privat di Pamulang dan Les Privat di Bintaro SD, SMP, SMA

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.