parentingIndonesia

Blog Mama Terpopuler

Blog RumahInspirasi masuk dalam liputan majalah Parenting Indonesia, edisi November 2010 sebagai salah satu dari “5 Blog Mama Terpopuler”. Terima kasih Parenting Indonesia, terima kasih mbak Lucia yang telah membuat liputan. Apresiasi ini semoga membuat kami menjadi lebih baik dan lebih bersemangat dalam berkarya.

**

Setiap tempat adalah sekolah dan setiap orang adalah guru

Prinsip di atas menjadi salah satu alasan utama mengapa beberapa orangtua memilih menerapkan homeschooling dalam mendidik anak mereka. Seperti yang diterapkan Mira Julia dan suaminya, Sumardiono, pada ketiga anak mereka.

“Kami melihat homeschooling memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan potensi dirinya, karena karakter dasar homeschooling adalah customized education,” kata mama yang akrab dipanggil Lala ini.

Pada September 2007 mereka mulai mendokumentasikan kegiatan homeschooling bagi Yudhistira (9 tahun), Tata (6 tahun) dan Duta (2 tahun), dalam sebuah situs bernama www.rumahinspirasi.com. Sebagian besar ide tulisan dalam situs ini berasal dari kegiatan yang dilakukan anak-anak, seputar gagasan-gagasan homeschooling dan inovasi pendidikan.

Selain itu, di sini pengunjung juga dapat mengunduh berbagai materi tentang homeschooling, mulai dari definisi, langkah demi langkah penerapan homeschooling, dasar hukum, dan berbagai hal lain seputar pendidikan. Banyak pengunjung kemudian aktif berinteraksi dengan Lala dan Sumardiono melalui situs dan email. Interaksi juga dilakukan melalui milis SekolahRumah, di mana keduanya juga menjadi salah satu moderator.

Rumah Inspirasi kemudian berkembang menjadi salah satu situs rujukan homeschooling di Indonesia. Hingga akhir September 2010, situs ini telah dikunjungi oleh lebih dari 33.000 pengunjung  dari 64 negara (data pengunjung tahun 2010 saja, red.). Pengunjung terbanyak berasal dari dari berbagai kota di Indonesia, Malaysia, Jepang, Amerika Serikat, dan Kanada. Tak semua pengunjungnya menerapkan sistem homeschooling penuh pada anak-anak mereka. Namun banyak yang mengaku mendapat inspirasi tentang bagaimana mengajarkan berbagai hal praktis pada anak secara kreatif.

Tak hanya aktif di dunia maya, Lala dan Sumardiono beberapa kali juga terlibat menjadi pembicara seminar homeschooling dan menjadi pelatih untuk anak-anak homeschooling. Tulisan mereka tentang homeschooling juga telah didokumentasikan dalam dua buah buku yaitu “Homeschooling Lompatan Cara Belajar” dan  “Warna-warni Homeschooling” (karya bersama praktisi HS lain, red) yang diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo.

(Ditulis oleh: Lucia Priandarini, dikutip dari majalah “Parenting Indonesia” edisi November 2010)

Tulisan menarik lainnya

Share this post

14 thoughts on “Blog Mama Terpopuler”

  1. Terima kasih mbak Ani, mbak Ratna, mbak Devi, mbak Lea dan semua teman-teman lain atas supportnya. Kesertaan Anda menambah semangat kami untuk berkarya.

    Apresiasi dan feedback memang bukanlah tujuan. Tetapi feedback teman-teman sekalian lah yang membuat kami tahu bahwa apa yang kami lakukan ada manfaatnya.

    Semoga kami dapat berkarya lebih baik lagi dan semoga semakin memberikan manfaat bagi siapapun yang sempat berkunjung ke rumah ini.. 😀

  2. Rumah inspirasi.com adalah situs favorit kami.walupun kami tidak menerapkan home schöoling di rumah kami,namun artikel-artikel di dalamnya sangat meng inspirasi kami dalam mengasuh anak-anak kami.
    terima kasih pak àar & mb lala.

  3. emang rumah inspirasi bagus banget. sesuai namanya, semua menginspirasi sekali. sukses selalu yaa. selamat yaaa.
    mampir ke blog saya di titianhaticlub yuk. makasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.