yudhis-modul-remaja-02

Penyusunan Modul Pendidikan Anak dan Remaja

Mewakili Suara Anak, saat ini Yudhis bersama Elysa Ng sedang terlibat dalam Penyusunan Modul Pendidikan Anak dan Remaja, Direktorat Pendidikan Keluarga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Terima kasih kepada mas Bukik Setiawan, inisiator Suara Anak, yang telah memberikan kesempatan bagi Yudhis untuk terlibat dalam kegiatan ini.

yudhis-modul-remaja-01
(c) Bukik Setiawan

***

Penyusunan Modul Pendidikan Anak dan Remaja

Penyusunan Modul Pendidikan Anak dan Remaja adalah inisiatif dari Direktorat Pendidikan Keluarga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Sebagai organisasi baru, mereka sedang menyusun strategi dan kebijakan pendidikan anak dan keluarga.

Usaha melibatkan para remaja sebagai narasumber dan pembuat modul kegiatan belajar bagi temannya itu patut diapresiasi. Pendekatan yang dilakukan tak lagi top-down, tapi lebih partisipatif.

yudhis-modul-remaja-02
(c) Bukik Setiawan

Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan penyusunan modul ini antara lain dari Qaryah Thayibah, Suara Anak, dan pelajar berbagai SMA di Jakarta, Bandung, Cirebon, Bogor, Tangerang Selatan, dan lainnya. Mereka mendapatkan tugas menyusun modul, sesuai minat dan kemampuannya.

Untuk proses persiapan penyusunan modul anak dan remaja ini, semua peserta dikumpulkan selama 2 hari dalam workshop yang diselenggarakan di Gedung Handayani, Kantor Kemdikbud Fatmawati. Mereka mendapatkan mentoring untuk proses penyusunan modul ini.

Setelah mentoring selesai, setiap anak harus mengerjakan tugas penyusunan modul secara mandiri di rumah masing-masing.

Modul Membuat Game untuk Anak

Berdasarkan pengalaman Yudhis menyelenggarakan kelas Minecraft dan membuat game, Yudhis merencanakan membuat modul tentang “Membuat Game” untuk anak-anak. Selain berisi panduan teks, Yudhis merencanakan membuat video-video tutorial step-by-step.

Draft rencana silabus pembelajaran dan rancangan modul harus diselesaikan akhir November untuk mendapatkan feedback. Setelah itu, anak-anak harus kembali lagi bekerja mandiri meneruskan proses pembuatan modulnya.

***

Semoga kegiatan ini memberikan pengalaman baik dan memperluas jaringan pertemanan Yudhis. Semoga modul karya Yudhis nanti betul-betul berguna untuk anak-anak Indonesia.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Penyusunan Modul Pendidikan Anak dan Remaja”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.