Belajar bersama

Cara sederhana memulai homeschooling

Belajar bersama

Linda Dobson, penulis buku “Tamasya Belajar” memberikan panduan praktis bagi orangtua yang tertarik homeschooling dan ingin menerapkannya.

Berikut ini tips yang diberikan oleh Linda Dobson:

Bacalah beberapa buku dan majalan tentang homeschooling
Perjalanan homeschooling dimulai dengan keputusan Anda untuk menghabiskan waktu bersama putra/i Anda. Dengan membaca sedikit dari kepustakaan yang luas mengenai hal ini akan memperlihatkan kepada Anda banyaknya variasi pendekatan, sumber daya, manfaat, tantangan, dan masih banyak lagi.

Cari kelompok pendukung homeschooling dan temui orang lain yang juga melakukan homeschooling
Walaupun membaca dapat memberikan banyak informasi mengenai dunia homescholing, tidak ada yang melebih pertemuan dengan pelaku homeschooling lain bisa menjadi teman yang dapat mengerti dan mendukung keputusan Anda, berbagi informasi tentang persoalan yang diahdapi dan menjawab beberapa pertanyaan Anda.

Hadiri konferensi/seminar tentang homeschooling
Walaupun jarang dilakukan, pertemuan semacam ini sangat berguna sebagai sumber informasi, kesempatan untuk bertanya, dan perasaan solidaritas yang sulit ditemukan di tempat lain.

Bantu pihak lain yang ingin tahu tentang homeschooling
Ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan pengetahuan Anda mengenai homeschooling, bertemu keluarga-keluarga baru, menegaskan kembali tekad Anda untuk mendidik anak di rumah.

Amatilah kemajuan anak Anda
Keraguan dan ketakutan akan hilang jika Anda menemukan bahwa anak Anda telah menikmati pembelajaran dan menampakkan ketrampilan, kemampuan, dan ide-ide yang selama ini tak pernah terlihat.

**

Untuk informasi dan pengantar mengenai homeschooling, Anda dapat  membaca ebook “7 FAQ Homeschooling”. Silakan mendaftar di Newsletter Rumah Inspirasi dan Anda bisa mengunduh ebook itu gratis.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

9 thoughts on “Cara sederhana memulai homeschooling”

  1. kalau anak menempuh pendidikan lewat homeschooling, bagaimana dgn ijasahnya? apa ada lembaga khusus yg menerbitkan ijasah yg diakui diknas?

    1. Ijazah nasionalnya diperoleh melalui Ujian Kesetaraan, Ujian Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP), dan Paket C (setara SMA)

    1. Proses Ujian Paketnya melalui PKBM. Orangtua menyiapkan rapor. Setelah mendaftar, tinggal ujian di PKBM. Lebih lengkapnya bisa gooling “POS Ujian Kesetaraan”.

  2. Satu tahun ke depan saya ingin mencoba metode Home Schooling untuk putri saya yang berusia 4th.
    Saya bingung untuk materi awal yang akan digunakan..bisa bantu?
    sejauh ini untuk mengenal bentuk, warna, bahkan kosa kata bahasa inggris sudah lumayan banyak. Thanks before

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.