l_2048_1536_830EA8D0-151C-44DD-9584-065FC976A1C5.jpeg

Biskuit Coklat Angka

Dalam homeschooling kami tidak mengenal hari libur, karena kami bisa libur kapan saja. Seperti hari ini, hari Sabtu, dari pagi anak2 sudah berkegiatan, belajar bahasa inggris, musik dan bikin kue.

Kue yang dibuat hari ini sesungguhnya kue coklat biskuit biasa, dicampur coklat chip dan kacang mede. Tapi karena dikreasi macam2 jadinya seru. Salah satunya dibentuk angka 0-9. Kata Yudhis buat membantu Duta yang lagi belajar angka.

Buat yang pengin ikutan bikin biskuit angka. Bisa pakai resep biskuit favorit apa saja, atau coba pakai resep biskuit coklat ini:

Bahan:

  • 300gr margarin
  • 375gr tepung terigu
  • 50gr coklat bubuk
  • 3 butir kuning telur
  • 200gr gula halus
  • 1/2 sdt ekstrak vanili
  • coklat cip dan kacang mede sesukanya

Proses pembuatan:

  1. Siapkan semua bahan. Libatkan anak sejak awal penimbangan, ajak mereka untuk menimbang dan memasukkan setiap bahan dalam wadah mangkuk.
  2. Ayak tepung terigu + coklat bubuk
  3. Lapisi loyang dengan mentega
  4. Panaskan oven 140 C
  5. Kocok mentega & gula bubuk sampai lembut
  6. Masukkan kuning telur satu persatu dan kocok sampai rata
  7. Masukkan terigu, coklat bubuk dan vanila. Aduk sampai rata
  8. Masukkan coklat chip dan kacang. Aduk sehingga mudah dibentuk
  9. Siapkan 2-3sdm ekstra terigu dalam mangkuk kecil untuk berjaga2 bila adonan masih terlalu lunak dan untuk melapisi alas/kayu penggilas.
  10. Gilas adonan di atas meja (kami biasa melapisi dengan plastik tambahan) dengan ketebalan tertentu, cetak dengan cetakan kue atau bentuk suka2 (seperti hari ini kami membentuk angka 0-9)
  11. Pindahkan ke loyang.
  12. Panggang kurang lebih 15 menit. Keluarkan, pindahkan ke rak kue supaya cepat dingin.
  13. Jadi deh… Makan kue dengan susu hangat…. yuuum c2

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.