HumanAnatomy

Presentasi: Human Anatomy

Dalam homeschooling, anak sadar bahwa mereka tidak punya guru dan punya banyak guru pada saat yang bersamaan. Mereka belajar bahwa jika mereka tidak aktif mencari tahu, maka mereka tidak mendapatkan apapun. Mereka juga tahu bahwa orangtuanya bukan orang yang serba tahu, yang ada kami pun berproses bersama mereka.

Seperti mengajar anak memancing, awalnya memang lama, hasilnya tidak langsung terasa dan kadang ada proses kelaparan karena mereka sulit memancing ikan sendiri. Rasa lapar ini seringkali membuat mereka semangat mencari tahu hal yang mereka inginkan. Dan ketika mereka sudah mulai bisa memancing informasi sendiri, rasanya enak sekali.

Seperti yang kami alami saat bersama-sama mereka belajar tentang Human Anatomy. Idenya dari Pinterest board yang kami cari bersama. Setelah itu Yudhis & Tata mencari materinya masing-masing dengan gugling di internet. Aku dan mas Aar hanya menemani & menjadi teman diskusi jika ada yang mereka bingung atau tidak yakin.

Hasilnya tentu saja jauh dari sempurna, tapi tidak masalah karena proses belajar mereka masih berlanjut. Yang penting mereka menjalaninya dengan suka cita. Enaknya dalam proses ini adalah si kecil Duta pun ingin ikut2 buat dan ikut-ikut presentasi.

***

Presentasi Tata:

***

Presentasi Yudhis


Tulisan menarik lainnya

Share this post

6 thoughts on “Presentasi: Human Anatomy”

  1. LusianaTrisnasari

    Homeschooling itu benar2 full energy ya mbak 🙂 Mbak punya referensi blog spt ini untuk anak2 yg lebi besar? Untuk anak2 SMP? Remaja agak sulit diajak kerjasama, mereka punya kemauan sendiri.

  2. Tata dan Yudhis benar-benar keren !!! Saya sempat melirik box set buku di samping kanan. Ngoleksi buku Roald Dahl juga ya, mbak? Ups, sory, out of topic…hihihi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.