Buku Piano Anak Pra-Sekolah

Aku itu senang main piano dan mengajar piano. Apalagi mengajar anak-anak. Menurutku, musik itu adalah bahasa universal. Jadi kalau sejak kecil anak dibiasakan untuk mengenal musik, menyukai musik apalagi kalau kemudian pandai bermain musik, maka kita sudah membekali anak itu salah satu bahasa universal yang bisa membawanya menjadi warga dunia.

berhubung buku piano impor itu mahal, kadang juga kalau mau beli dari sekolah musik lokal suka nggak boleh kalau kita nggak kursus di situ. Jadi ya udah, bikin aja sendiri… Aku sudah punya beberapa seri. Ini seri untuk anak pra-sekolah. Dipakai sebagai buku perkenalan anak kepada not balok.

Buku ini aku pakai sendiri untuk mengajar anak-anakku dan anak-anak sahabat-sahabatku. Buku ini berisi teori musik yang dikemas dengan cara sederhana (27 halaman). Buku ini tidak untuk diperjual belikan atau diproduksi secara komersial tanpa izin dan sepengetahuanku. Ditujukan untuk anak usia 3-5 tahun (mulai bisa membaca). Semoga bisa membuat anak Anda mulai menyukai not balok :)

Buku Piano Anak Pra-Sekolah

Silakan download di sini (klik Pay with a tweet)

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. Thanks alot… sangat bagus!

  2. Ibu Lala, koq ga bisa di down load ya?
    Terrimakasih banyak.. Artikel2nya bagus2.

  3. Mas Hadi aksesnya memakai apa? Kami sudah coba dengan Firefox dan Opera tidak ada masalah. Dari statistik, filenya juga sudah berkali2 didownload.
    Dicoba lagi mas ya… Mdh2an kali ini berhasil :)

  4. Ada email masuk yang sangat bagus dari mbak Devi Sutarsi (thanks ya mbaak… ^_^):
    Masih dalam spirit bermusik.. website satu ini juga keren
    http://www.classicsforkids.com/
    pengenalan alat2 musik + suaranya
    ada musical games, salah satunya Note Name Game.. bagus untuk belajar not balok.

  5. Huwaaa, 29 halaman! Makasih banyak, Mbak Lala! Juga situs dari Mbak Devi.

  6. terima kasih banyak, slalu always, makasih artikel2 nya
    bagus bagus ni. met kenal dari kel dafa

  7. Mbak,kok ga bs didownload dr blackberry?

    • Mungkin pluginnya nggak cocok sama BB kali ya mbak? Adakah rekan lain yang punya pengalaman download di WordPress dengan BB? Thx..

  8. WAH! keren deh box tags nya yg disebelah kanan itu…gimana sih cara buatnya? thks sebelumnya!

  9. salam kenal, bu lala
    terima kasih yaa… waaah, ibu lala ini hebat… nice :)
    saya mendapat situs ini dari kakak saya yang tergabung dalam komunitas homeschooling…
    kebetulan saya sedang bersiap menjadi guru piano dan sedang mencari bahan2 mengajar….
    terima kasih banyak sudah mau berbagi ^_^

  10. Tante Lala,,, makasih yaaa,,, jadi bisa ngajarin Thifa deh, selama ini keriting cari cara ngajarin not balok sama si eneng.. Tararengkiyuuu,,,

  11. Mba Lala dan Mas Aar,

    Terima kasih ya. Atala baru aja berenti les musiknya karena kejauhan dan 1 jam pertemuan dengan 10 orang kupikir ga efektif dan kurang “connect” antara guru-murid dan yang dipelajari..

    pengen ngajarin sendiri…eh, tau-tau ada buku ini….seperti an answer pray aja :)

  12. mbak lala, kalo not baloknya diterapkan ke keyboard bisa ngga ya?
    hehe, baru punya keyboard soalnya :)

    • Menurutku mbak (ini menurutku pribadi lho mbak..), yang terpenting adalah bagaimana menumbuhkan musikalitas pada anak. Medianya bisa apa saja. Jadi, daripada gara-gara nunggu punya piano trus anaknya jadi tidak ter-ekspose musik, mending memanfaatkan yang ada mbak.

      Jadi.. tentu saja not baloknya bisa diterapkan ke keyboard, middle-Cnya pilih yang di tengah saja dan suaranya pilih suara piano. Selamat berlatih ^_^

  13. salam kenal, mohon maaf sebelumnya saya pernah melihat bahan ajar untuk belajar jam di rumah inspirasi bukan ya…(sesuatu yang berbunyi TLS ato TLC saya lupa…) ada worksheet yang bisa diprint untuk belajar jam di sana, mohon bantuannya jika berkenan, makasih… rumah inspirasi benar2 menginspirasi saya…

  14. dwi putu r says:

    Mbak Lala, Ica anak saya usia 4 tahun. Saat ini sudah 1 bulan mengikuti les piano klasik. Dan masih tahap awal misalnya cara baca not balok, bedakan bentuk not balok untuk 4 ketukan, 2 ketukan atau 1 ketukan, mainkan lagu sederhana. Guru lesnya bilang kalo Ica masih suka bingung dengan not , jarinya masih suka salah-salah. Mbak Lala, bagi tipsnya biar anak gampang mengingat letak not. Terima Kasih.

  15. dwi putu r says:

    Mbak Lala, saya gagal men-download buku belajar piano yang 27 halaman tersebut diatas. Bisa minta file nya lewat email di eeedi_mail@yahoo.com ? Terima Kasih sebelumnya.

  16. ibu2 semua harap jangan memaksakan anak di bawah umur 7 tahun untuk belajar piano, kalo anak ibu cerdas gak masalah, anak yang kecerdasan di atas rata2 yang bisa melakukan belajar piano di usia dini, kasian mereka jangan memaksakan kehendak ya, satu lagi belajar piano di usia dini butuh bimbingan yang konsisten dari orang sekitarnya ajak mereka seperti bermain liat perkembangan ada minat gak ? kalo si anak cerdas akan terlihat rasa ingin tahunya dan keinginan untuk mencoba juga daya tangkapnya tinggi… cherssss

  17. makasih infonya, tapi sekarang aku lagi membutuhkan buku piano schmitt yang warna kuning itu, ada bisa bantu nggak ya ??

  18. keren mba ;-)

  19. @mashuri
    buku schmitt kuning yang mana ya? yang biasa buat fingering itu bukan sih? aku punya 2 deh kayaknya

  20. makasih salam kenal ya :lol:

  21. helloo mbak apa kabar n salam kenal,,,,wahhhh thanks banget lagu2x kerennnnnn mbak adakah not angka n instrumen untuk lagu2 tersebut????????nich kebetulan sikecil (4,5th) lg les piano……

  22. salam kenal, anak saya mau 4 tahun, dia suka bernyanyi, kalau saya mau beliin piano pemula kira2 yg seperti apa ya? (kalo bisa sebutin merek)
    hehe.

    terima kasih

  23. Beito-ku (5th) langsung tancap dalam 2 hari …thanks..ditunggu edisi lanjutannya..

  24. mbak, makasi banyak ya bukunya…. al,hamdulillah bagus sekali saya jadi ngerti step by step ngajarin anak main piano.

  25. Makasih mbak, Liv minta les piano (seminggu sekali dan itupun lumayan mahal), dan saya sama sekali gak ngerti tentang piano. InsyaAllah buku ini sangat membantu :)

  26. Very good article and useful.
    Sorry, may I also give info???
    If you look for piano tuner in Jakarta.
    Here we are, http://www.stempiano.com or
    Contact : 087775001113
    Thank you.

  27. Mkasih ya… Suksss sllu..

  28. ka bisa ajarin aku main piano gak

  29. Mbak,
    Menurut mbak, indikator musik untuk anak usia 4-6 tahun itu apa saja?
    Terimakasih

  30. Makasih banyak tantee Lala…
    Jadi semakin mantap ngajar piano untuk yg pertama kali :’)

  31. muhammad sutrisno says:

    Terimakasih Mbak Lala, semoga selalu dilimpahi berkah oleh Tuhan YME

Tinggalkan komentar Anda

*