Laptop-Toshiba

Langkah memilih laptop/notebook

Laptop-ToshibaMau membeli laptop, notebook, atau netbook? Banyak pilihan dan bingung menentukan pilihan? Berikut ini proses yang saya lakukan saat membeli laptop. Mudah-mudahan bermanfaat untuk membantu supaya lebih fokus dan bisa mendapat laptop yang sesuai kebutuhan.

1. Memilih jenis laptop
Pertama kita menentukan penggunaan laptop, apakah pemakaian ringan, standar atau berat. Penentuan penggunaan/kefungsian laptop ini akan menentukan jenis laptop yang akan kita beli, apakah netbook, notebook yang standar, atau notebook yang high end.

2. Menentukan budget
Langkah ini bisa juga menjadi langkah yang pertama. Budget akan membuat kita fokus pada spesifikasi laptop sehingga tidak terlalu melebar pada pilihan-pilihan yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

3. Preferensi merek
Terkadang kita memiliki preferensi merek tertentu. Itu sah-sah saja. Apakah kita akan membeli merek lokal atau internasional, semuanya boleh-boleh saja. Yang penting yang membuat hati kita nyaman.

4. Browsing di Internet dan lihat pameran
Dari kriteria yang sudah kita buat di atas, kita dapat melakukan browsing dan membuat short list laptop yang kita inginkan. Beberapa toko online dapat digunakan sebagai referensi awal, misalnya Glodokshop atau Bhinneka. Dari sana, kita memiliki sejumlah daftar pendek (short list) laptop yang kita cari.

Jangan lupa untuk mencari review terhadap produk yang ada di dalam short list kita. Cara gampanya adalah dengan Googling, menggunakan kata kunci “review [nama produk]” atau “pengalaman [nama produk]”.

Kalau ada pameran, kunjungilah untuk mendapatkan informasi dan “feel” dari produk yang diinginkan. Feeling ini penting karena tampilan di layar terkadang berbeda dengan wujud nyata ketika produk itu ada hadapan kita.

5. Datang langsung ke toko
Jika short list laptop sudah kita buat dengan berbagai informasi yang kita miliki, kita dapat langsung datang ke toko komputer untuk membuat perbandingan. Paling enak adalah datang ke pameran komputer (biasanya sekitar bulan Juni atau menjelang akhir tahun Oktober). Atau, datang ke pusat komputer seperti Mangga Dua Mall, Dusit Mangga Dua, Ambassador Mall, atau Ratu Plaza.

Fokus dari perbandingan antar toko adalah mencari informasi harga dan layanan yang paling maksimal. Dengan datang langsung, mencari perbandingan antara satu toko dengan toko lain; kita bisa mendapatkan produk yang kita inginkan dengan price/value yang maksimal.

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.