UjianGitar8

Ujian Gitar Kelas 8 di Yamaha

Tanpa terasa, Yudhis sudah 2 tahun les gitar di Yamaha. Hari ini (Minggu, 10/03/2013) aku mengantarkan Yudhis untuk ujian gitar, kenaikan kelas 8 di Yamaha Pusat di jalan Gatot Subroto.

UjianGitar8
Beberapa hari sebelum ujian, kami sudah meminta Yudhis untuk menyiapkan materi yang akan diujikan. Tetapi ternyata kami tak cermat mendampingi Yudhis. Kami memberikan feedback setiap kali Yudhis berlatih gitar. Kami mengira Yudhis sudah lancar semua materi yang akan diujikan. Ternyata, ada satu lagu yang belum dihafalnya dan cilakanya, lagu itu yang diujikan. Setelah ujian, aku juga tahu bahwa yang lagu yang belum terlalu dihafalnya itu adalah lagu wajib!

Keadaan ini sempat membuatku upset. Bagaimana mungkin lagu wajib tidak dikuasainya dengan baik? Padahal selama berhari-hari ini dia menunjukkan permainan gitarnya dengan baik. Ternyata, lagu yang ditunjukkannya kepada kami adalah lagu-lagu pilihan. Salah satu lagu itu memang diujikan dan kata Yudhis dia lancar memainkannya.

***

Yah, begitulah. Hari ini kami berdiskusi tentang prioritas bersama Yudhis. Tepatnya, aku memarahi dia karena tak bisa menempatkan prioritas dengan benar.

Tapi ya sudahlah. Nasi sudah menjadi bubur. Semoga hari ini menjadi proses pembelajaran buat Yudhis.

 

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.