sungha jung

Belajar dari Sungha Jung dan Jubing

sungha jungBeberapa hari yang lalu, dari pesan mbak Devi Sutarsi yang dituliskan di wall facebook Lala, kami mulai berkenalan dengan Sungha Jung. Dia adalah seorang gitaris cilik (14 tahun) yang permainannya luar biasa.

Sejak itu, kami sibuk mendownload beberapa lagunya dan menontonnya bersama-sama dengan anak-anak. Salah satu yang paling kami sukai adalah theme song “Mission Impossible“.

Kami sangat menikmati permainan gitar Sungha Jung sebagaimana permainan gitar Jubing Kristianto, gitaris Indonesia dengan permainan yang mengagumkan.

**

Kami sangat excited dengan permainan gitar Sungha Jung. Ini bukan sekedar permainan gitar bagus. Bagi kami, ini adalah sebuah kualitas dan standar karya, sebuah tema yang selalu menarik hati kami.

Ketertarikan kami pada karya-karya berkualitas itu kami bagi bersama anak-anak, dengan harapan mereka terekspos dengan standar karya yang akan mempengaruhi penilaian mereka tentang kualitas (sense of quality). Kebetulan sekali, Yudhis sedang belajar gitar. Jadi, video permainan gitar Sungha Jung itu bisa menjadi tema diskusi yang menarik.

Dalam obrolan dengan Yudhis, kami menegaskan bahwa yang penting bukan menjadi Sungha Jung. Tetapi, menikmati sebuah hal yang disukai dan bersungguh-sungguh menekuninya.

Proses ini adalah bagian dari -meminjam metode Charlotte Mason- mengekspos anak dengan “gagasan besar” dan “living book”. Kita mengenalkan anak-anak dengan hal-hal berkualitas: buku, film, tempat, karya, permainan, pembicaraan, kegiatan, pemandangan, dan sebagainya.

Mudah-mudahan diantara ekspose itu ada kualitas yang menempel di hati mereka dan terbawa hingga mereka dewasa.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

3 thoughts on “Belajar dari Sungha Jung dan Jubing”

  1. aku suka banet sama SUNGHA JUNG dan Om JUBING ๐Ÿ™„

    aku jadi terinspirasi dengan idola aku itu ..

    ingin ddeh , ketemu sama 2idola kuu .
    tapi , apa semua iitu tercapai ?? ๐Ÿ˜†

  2. nama asli saya Bella Putri Fardani .
    saya masih duduk dibangku SMP dan saya sekarang kelas 8 .
    saya sekolah diSMPN 5 BANDAR LAMPUNG , LAMPUNG .
    saya bisa bermain gitar akustik dari kelas 6 SD .
    dulunya saya tidak ada minat sama sekali untuk belajar bermain gitar ,
    tapi , setelah teman saya mengajarkan saya bermain gitar , saya sangat tertarik untuk belajar bermain gitar akustik .

    akhirnya , saya dileskan di Ecaya Yamaha Music School .

    kata guru saya , Om Jubing itu lulusan YMS jugaa ,

    jadi saya turut bangga . ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜€

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.