Fesper

Kopdar Keluarga Homeschooling di Yogya

Teman-teman praktisi homeschooling di Yogya merencanakan untuk mengadakan kegiatan pertemuan (kopdar) keluarga homeschooling. Formatnya adalah perkemahan keluarga alias Family Camp. Kegiatan ini disebut dengan istilah Festival Pendidikan Rumah (Fesper).

Fesper

Kegiatan family camp akan diselenggarakan pada hari Jumat-Minggu, 5-7 April 2013. Tempat acara di Wonogondang Camp, Cangkriman, Yogyakarta. Selama kemah 3 hari 2 malam itu, banyak kegiatan yang sudah disiapkan panitia. Ada eksperimen sains, family team-work games, jelajah alam edukatif di lereng Merapi, dan dolanan bocah. Tentu saja, selama waktu itu banyak kesempatan untuk ngobrol-ngobrol tentang homeschooling, baik secara informal maupun dalam sesi khusus yang dijadwalkan.

Teman-teman yang menjadi panitia sudah menyiapkan semua sarana untuk memudahkan para peserta. Mereka sudah menyiapkan tenda, makanan, dan kegiatan untuk keluarga. Jadi, peserta tinggal membawa badan dan perlengkapan pribadi saja.

Kami sekeluarga sangat senang dengan inisiatif teman-teman Yogya ini. Kami merencanakan untuk hadir dalam acara di Yogya ini. Mudah-mudahan semua prosesnya dilapangkan-Nya, termasuk biayanya. Bagi keluarga dengan lima anggota, biaya perjalanan Jakarta-Yogya ini lumayan juga, hehehe…

Saya juga mendengar, beberapa teman Jakarta akan berangkat ke Yoyga dan mengikuti acara ini. Wah, pasti asyik dan seru sekali kalau jadi berkegiatan rame-rame bersama para praktisi homeschooling dari berbagai kota. Jadi terkenang perjalanan Wisata Belajar bersama 7 keluarga Jakarta ke Salatiga-Yogya setahun yang lalu.

Anyway, informasi selengkapnya tentang kegiatan ini bisa dibaca di: http://festivalpendidikanrumah.com/

 

***

Adakah teman-teman yang mau ikutan ketemuan di Yogya?  Sampai ketemu bulan depan! 🙂

O iya, saya cuma peserta, bukan panitia. Kalau ada pertanyaan, silakan ditanyakan langsung ke mbak Ully (0857-0200-2867) atau mbak Rosi (0812-2794-924) ya…

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.