tabunganFESPER

Membuka Tabungan FESPER

Hari ini (2/1) Yudhis dan Tata membuka tabungan FESPER mereka. Tabungan ini dibuka karena Festival Pendidikan Rumah (FESPER) 2014 sudah semakin dekat. Jadi kami mulai berhitung biaya dan berapa kekurangan yang harus disiapkan menuju FESPER 2014 yang akan diselenggarakan tanggal 28-30 Maret 2014 di Salatiga.

Bagi yang belum tahun, FESPER yang kepanjangannya Festival Pendidikan Rumah adalah ajang tahunan keluarga praktisi pendidikan rumah. Kegiatannya adalah kumpul dan berkegiatan bersama selama beberapa hari. Fesper pertama diselenggarakan tahun 2013 di Yogyakarta dan tahun 2014 ini merupakan ajang FESPER kedua.

FESPER adalah acara tahunan yang sedang bersama-sama dirintis untuk menjadi sarana berkumpul, berjejaring, dan sharing bersama. Acara terinspirasi dari HESFES (Home Education Festival) di Inggris  dan bersifat non-komersial. Melalui acara ini, mudah-mudahan anak-anak dan keluarga bisa menjalin persahabatan, membangun kenangan pertemanan yang indah, dan berkolaborasi dalam kegiatan-kegiatan yang mereka inisiatifkan.

tabunganFESPER

***

Sejak mengikuti FESPER 2013 tahun lalu di Yogyakarta, Yudhis dan Tata selalu tak sabar menanti FESPER berikutnya. Mereka sangat ingin bertemu teman-temannya dari berbagai kota dan melakukan kegiatan bersama.

Untuk menyiapkan FESPER tahun 2014, kami membuat komitmen untuk menabung karena biaya untuk FESPER memang tidak murah. Walaupun bersifat non-komersial, seluruh biaya mulai sewa tempat, tenda, makan, peralatan kegiatan harus dipikul bersama.

Nah, supaya bebannya ringan, kami mengajari mengumpulkan uang sendiri untuk kesertaannya. Mereka harus membayar sendiri biaya perjalanan Jakarta-Salatiga dan biaya FESPER. Caranya, Yudhis dan Tata menggunakan kotak tabungan yang mereka miliki dan meminta kepada kami uang Rp 2 ribu setiap hari. Kalau mereka lupa, maka mereka tak akan mendapat uang tabungan itu.

Selain uang harian dari kami, ternyata Yudhis dan Tata berinisiatif menyimpan uang-uang apapun yang mereka dapatkan ke dalam tabungan FESPER-nya, mulai angpao lebaran, hadiah ulang tahun, dan sebagainya. Alhasil, hari ini mereka surprise karena jumlah uang yang terkumpul sudah cukup banyak. Yudhis berhasil mengumpulkan Rp 910 ribu dan Tata mengumpulkan Rp 920 ribu.

Program menabung untuk FESPER ini masih akan kami lanjutkan supaya perjalanan nanti lebih longgar dan ada tabungan kalau mereka ingin membeli sesuatu sepanjang acara dan perjalanan.

FESPER 2013
FESPER 2013
FESPER 2013
FESPER 2013

 

***

Saat ini panitia #FESPER2014 yang dipimpin mbak Septi & mas Dodik sedang melakukan finalisasi acara. Mudah-mudahan minggu depan acara #FESPER2014 sudah bisa diumumkan dan dibuka pendaftarannya. Update acara FESPER 2014 bisa dipantau di Facebook Page Festival Pendidikan Rumah.

 

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.