Cambridge-English

Belajar bahasa Inggris dengan Cambridge YLE

Selama bertahun-tahun anak-anak menjalani proses belajar bahasa Inggris, kami menggunakan aneka metode dan resource. Dari sisi metode, hal yang paling kami tekankan pada awal proses belajar anak-anak adalah kemampuan mendengar (listening) dan berkomunikasi (conversation), bukan tata bahasa (grammar).

Untuk proses mendengar, metode utama yang kami lakukan adalah mengekspos anak-anak dengan materi berbahasa Inggris. Di rumah kami sediakan TV Kabel di mana anak-anak terbiasa menonton channel berbahasa Inggris seperti Playhouse Disney, National Geographic atau saluran lain.

Proses ini untuk memastikan bahwa anak-anak mendengar percakapan bahasa Inggris dari penutur aslinya (native speaker), bukan dari bapaknya yang bahasa Inggrisnya kacau, hehehe.. Sesekali ngobrol bersama ibunya dalam bahasa Inggris.

Ketika anak-anak sudah semakin besar, kami menggunakan aneka resource. Pada saat Yudhis & Tata, kami dulu menggunakan materi printable Reading A to Z dan Raz Kids. Untuk Duta, saat ini kami menggunakan Starfall dan Reading Eggs.

Ketika anak-anak mulai membutuhkan pelajaran tentang grammar, kami kemudian menggunakan aplikasi iTooch yang sejalan dengan tingkat kelas mereka.

***

Cambridge-English

Sekarang, kami ingin naik satu anak tangga lagi. Kami ingin mengenalkan anak-anak dengan standar sertifikasi bahasa Inggris untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris mereka. Untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, standar yang biasa digunakan adalah TOEFL (US) atau IELTS (GB).

Ternyata, untuk proses ujian IELTS ada tangga atau stepping stone yang dibuat oleh Cambridge ESOL. Ada Cambridge Young Learner English (YLE), Key English Test (KET), Preliminary English Test (PET), First Certificate in English (FCE), Cambridge English: Advanced CAE, dan Certificate of Proficiency in English (CPE).

Untuk Tata, saat ini kami menggunakan panduan Cambridge YLE. Panduan materi untuk proses belajar Cambridge YLE ini cukup lengkap. Ada panduan untuk orangtua, guru, dan siswa. Materi belajar bisa dibeli di toko buku, misalnya Mentari Books.

Kalau mau mengcek kemampuan bahasa Inggris anak juga bisa dilakukan di sini:
http://www.cambridgeenglish.org/test-your-english/

Untuk kelas di atas Cambridge Young Learner, materi belajar dan sampel tes tersedia secara online dan bisa dibeli di:

Cambridge ESOL Online Preparation

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Belajar bahasa Inggris dengan Cambridge YLE”

  1. Mas Aar Raz kids reading A-Z anak saya suka sekali, mudah2an konsisten. Kalau Starfall apakah sistemnya sama dengan Raz Kids. Mohon infonya, karena kami lihat lebih variatif materinya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.