(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-20

Perkembangan Bayi Anda

Kehamilan Anda sudah 20 minggu, berarti Anda sudah setengah jalan! Dua puluh minggu dalam kehamilan Anda, bayi Anda telah tumbuh secara signifikan dari sel, membelah diri, dan sekarang beratnya sekitar 11 ons (312 gram) dan panjangnya sekitar 6,3 inci (16 cm). Bayi itu semakin mengambil ruang di dalam rahim Anda. Pertumbuhan yang berkelanjutan akan memberikan tekanan pada paru-paru, perut, kandung kemih, dan ginjal Anda.

Di bawah vernix kaseosa (pelindung, lapisan lilin), kulit bayi menebal dan mengembangkan lapisan-lapisan kulit. Rambut dan kuku tumbuh terus.

(c) Anatomical Travelogue
(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Tubuh Anda

Jika Anda belum USG, mungkin minggu ini adalah waktunya dokter Anda merekomendasikan USG bagi Anda. USG adalah tes diagnostik yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar. USG dapat menentukan ukuran dan posisi janin, kelainan struktur tulang dan organ yang terlihat saat ini. Tergantung pada posisi janin, jenis kelamin biasanya dapat ditentukan sekarang. Selama USG, tali pusat, plasenta, dan air ketuban juga dapat diperiksa. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang risiko dan keuntungan dari tes ini.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.